3 Cara Terbaik Hentikan Stres karena Uang

Finance / 12 October 2016

Kalangan Sendiri

3 Cara Terbaik Hentikan Stres karena Uang

Budhi Marpaung Official Writer
4390

Kehidupan sejahtera adalah impian semua manusia di dunia ini. Ada yang berhasil, tetapi tidak sedikit juga yang gagal untuk mewujudkannya. Persoalan sukses-tidak ini membawa dampak bagi kita. Salah satu dampak negatifnya adalah stres.

Oleh karena mengejar kekayaan (biasa diwakilkan oleh uang), banyak orang jadi tidak ingat waktu, keluarga dan bahkan Tuhan. Padahal, Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa janganlah menaruh pengharapan pada sesuatu yang tidak tentu (I Timotius 6:17). Lalu bagaimana, agar kehidupan kita terbebas dari stres karena uang.

1. Percayalah hanya pada Firman Tuhan, tolak pengajaran tentang uang dari sumber-sumber lain.

Seringkali kita memegang prinsip-prinsip keuangan berdasarkan apa yang dunia ini katakan. Padahal, kebenaran yang sesungguhnya adalah di dalam Alkitab. Ini yang seharusnya menjadi alat kita dalam melihat uang atau kekayaan.

Raja Salomo menulis bahwa “siapa yang mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaan tidak akan puas dengan penghasilannya. Inipun sia-sia” (Pengkhotbah 5:10). Lalu Yesus sendiri bahkan menyatakan bahwa tidak mungkin seseorang bisa mengabdi pada dua tuan, yakni Allah dan Mamon (Matius 6:24).

Uang harus kita pandang bukanlah sebagai sumber atau penyedia kehidupan kita, melainkan itu adalah alat yang kita gunakan untuk mencapai tujuan yakni memenuhi kebutuhan kita dan keluarga serta memperluas kerajaan Allah.

2. Memberi dengan Murah Hati

Kemurahan hati mempunyai kuasa untuk mematahkan cengkaraman uang dalam kehidupan seseorang. Hal tersebut membawa sukacita dan memutarbalikkan kecintaan seseorang yang awalnya pada kekayaan, kini beralih kepada Kerajaan Allah.

Yesus sendiri berkata ‘adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.’ (Kisah Para Rasul 20:35). Ucapan ini bukanlah ucapan yang asal keluar begitu saja. Dalam hukum Kerajaan Surga, Memberi selalu punya nilai yang lebih tinggi dari pada menerima, dan Tuhan senang jika umat-Nya di dunia ini adalah orang-orang yang bermurah hati.

3. Berinvestasilah di dalam Kerajaan Allah

Seseorang pernah berkata jika kamu ingin hati akan sesuatu, maka berinvestasilah di sana. Seseorang yang menaruhkan uangnya di Google, Anda akan bersemangat membaca/mencari berita-berita seputar Google di media massa.

Seperti itu juga halnya bila Anda berinvestasi di dalam Kerajaan Allah. Hati Anda akan terbakar atau berkobar-kobar segala hal yang berkenaan Kerajaan Allah bila Anda menaruhkan uang di sana (Matius 6:21).

Saat uang tidak lagi mencengkram hati maka kita akan memberikan dampak kepada dunia ini dan mengalami lebih banyak kebahagiaan.

Sumber : relevantmagazine.com
Halaman :
1

Ikuti Kami