Yuk Jelajahi 6 Taman Bumi Indonesia yang Sudah Mendunia Ini…
Sumber: www.posbali.id

Entertainment / 10 October 2016

Kalangan Sendiri

Yuk Jelajahi 6 Taman Bumi Indonesia yang Sudah Mendunia Ini…

Lori Official Writer
5023

Taman Bumi (Geopark) adalah konsep menajemen pengembangan kawasan wisata secara berkelanjutan yang memadukan tiga konsep utama yaitu sebagai kawasan konservasi dan wisata alam, edukasi dan pemberdayaan masyarakat.

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, Indonesia memiliki puluhan kawasan yang berpotensi sebagai taman bumi (geopark). Diantaranya baru enam kawasan yang sudah resmi diakui Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) yaitu:

#1 Kaldera Danau Toba, Sumatera Utara

Danau yang memiliki luas 1.145 kilometer persegi ini merupakan danau terbesar se-Asia Tenggara. Berkat kekayaan sejarah geodiversity-nya, Danau Toba diresmikan sebagai kawasan Geopark pada tahun 2014 silam. Geopark Danau Toba ini mengusung tema ‘Supervolcano’ dimana kaldera volcano-tektoniknya diakui terbesar di dunia.

#2 Gunung Rinjani, Lombok                    

Geopark Rinjani memiliki kekayaan geo diversity, bio diversity dan culture diversity. Tak hanya itu, gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laur ini begitu unik karena memiliki kaldera dengan gunung aktif yaitu Gunung Barujari.

Selain itu, pesona alamnya memiliki magnet tersendiri yang memikat para pendaki. Salah satunya lanskap berupa padang sabana, jalur perbukitan yang dikelilingi gunung cemara dan taman edelweiss yang bisa ditemukan di sepanjang pendakian.

Sementara kearifan lokal masyarakat di sekitar Rijani juga menambah kekayaan budaya yang patut dilestarikan.

#3 Batur, Bali                     

Gunung dengan ketinggia 1.171 mdpl ini memiliki kandera yang sangat indah. Kawah vulkaniknya terbentuk kurang lebih 23 ribu tahun silam. Tak heran jika taman bumi ini adalah taman bumi dunia pertama di Indonesia. Keunikan lainnya adalah bentuk danau Batur menyerupai bulan sabit dengan ukuran sekitar 7.5 km dan lebar maksimum 2.5 km.

Gunung Batur juga menjadi salah satu rangkaian ‘cincin api’ Pasifik dan satu-satunya gunung berapi yang teraktif di Indonesia.

#4 Gunung Sewu, Jawa Tengah

Dengan mengusung tema bentangan kars, kawasan geopark Gunung Sewu ini dijadikan sebagai pusat pelestarian dan edukasi mengenai ribuan bentangan bukit kars. Panjang kawasan ini mencapai 85 kilometer dengan luas endapan gampingnya mencapai 1.300 kilometer persegi.

Gunung Sewu juga menjadi destinasi wisata yang terbilang lengkap karena terdiri dari pantai kawasan Gunung Kidul, beragam wisata gua dan wisata budaya dari masyakaratnya.

#5 Merangin, Jambi

Berwisata ke provinsi Jambi tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke taman bumi (geopark) Merangin, di desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Renah Pemberap. Salah satu keunikan geologi merangin adalah memiliki geodiversity berupa fosil kayu yang bernama Aracarioxylon. Fosil ini sebagian masih menancap di tanah atau dalam posisi tumbuh, dan rebahan kayunya juga telah membantu.

Taman bumi yang satu ini diperkirakan akan menjadi ladang riset utama para geologi dunia untuk mempelajari evolusi bumi.

#6 Ciletuh, Jawa Barat

Lanskap Geopark Ciletuh terbilang unik karena membentang berbentuk menyerupai amfiteater raksasa yang mirip seperti tapal kuda yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Selain itu, kawasan taman bumi Ciletuh ini menuguhkan wisata menarik mulai dari hamparan batu karang laut, pantai serta beberapa titik air terjun pegunungan nan mempesona, diantaranya air terjun Sodong, Cimarinjung dan Awang.

Berwisata tentu saja tak hanya menikmati pesona alam saja, tetapi juga bisa menjadi momen untuk belajar tentang sejarah, budaya dan kekayaan alam. Dan Indonesia menyediakan apa yang Anda butuhkan!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami