6 Cara Sederhana Ini Bisa Gandakan Nilai Investasi Propertimu

Finance / 6 October 2016

Kalangan Sendiri

6 Cara Sederhana Ini Bisa Gandakan Nilai Investasi Propertimu

Puji Astuti Official Writer
3209

Sebagai seorang investor, tentu Anda ingin nilai investasi Anda terus meningkat bahkan jika bisa berlipat ganda. Bagaimana dengan investasi di bidang properti, adakah cara yang sederhana untuk menggandakan nilai investasi di bidang properti seperti rumah misalnya? Tentu saja ada. 

Bisa dikatakan nilai properti terus meningkat setiap tahun, namun jika Anda ingin membuat lompatan dalam investasi Anda, maka ada beberapa hal yang bisa dikatakan cukup sederhana untuk membuat sebuah rumah bisa meningkat nilai jual atau sewanya. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama:

1.  Menambah jumlah ruangan

Salah satu cara cepat meningkatkan nilai sebuah properti adalah menambah jumlah ruang atau kamar. Mengubah sebuah rumah dengan dua kamar menjadi tiga kamar, bisa meningkatkan harga sewa. Untuk menambah jumlah kamar pun Anda tidak harus merubah bangunan secara besar-besaran, bisa saja hanya menambah sebuah sekat atau mengubah fungsi sebuah ruang contohnya memodifikasi garasi menjadi kamar, atau yang lainnya. 

2.  Menata ulang halaman depan

Ada banyak investor yang menghabiskan uang puluhan juta rupihan untuk melakukan renovasi namun hanya mengecat bagian luar rumahnya saja. Tahukah Anda, untuk meningkatkan nilai properti butuh lebih dari sekedar mengecat ulang. Dengan sebuah upaya lebih yang kadang tidak butuh uang puluhan juta, Anda sudah bisa mengubah tampilan rumah Anda menjadi lebih menarik dan meningkatkan harga jual atau sewa rumah tersebut. Contohnya dengan membuat taman kecil di depan dengan rumput Jepang yang tertata rapi. 

3.  Menambah kamar mandi

Jaman dulu satu kamar mandi dalam satu rumah sudah cukup. Namun jika Anda akan merenovasi rumah, maka dengan menambah kamar mandi akan memberi nilai tambah pada property tersebut. Contohnya membuat kamar mandi di kamar tidur utama, hal ini akan membuat sebuah rumah lebih terkesak eksklusif. 

4.  Merobohkan tembok

Selama tembok tersebut tidak menjadi bagian dari tiang utama yang menanggung berat atap, maka Anda bisa merombak rumah tersebut menjadi lebih terbuka dengan meruntuhkan tembok itu secara keseluruhan atau hanya setengahnya saja sehingga ruang terlihat lebih luas dan nyaman. Konsep ruang terbuka ini akan memberikan suasana yang berbeda dan dengan tampilan yang moderen minimalis akan bisa meningkatkan nilai rumah tersebut. 

5.  Mengecat lingkungan sekitar rumah

Salah satu pendorong bagi meningkatkan nilai sebuah property adalah lokasi. Jadi jika Anda ingin nilai properti Anda meningkat, maka Anda harus melihat kondisi lingkungan property itu berada. Sebagai contoh, hanya dengan mengecat pagar tetangga Anda, dan menata pinggir jalan menjadi lebih rapi, hal tersebut membuat lingkungan disitu terlihat lebih baik daripada yang lain. Tentu saja jika minat orang meningkat atas property disana, maka harganya pun bisa dinaikkan. 

6.  Mengurangi pengeluaran

Untuk memaksimalkan investasi ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu pengeluaran untuk mengelola sebuah properti. Hal ini penting, karena mungkin saja Anda bisa mengalihkan pengeluaran tersebut kepada penyewa, contohnya seperti biaya listrik, air dan pengelolaan sampah. Bahkan mungkin memperbaiki pipa yang bocor bisa menurunkan pengeluaran untuk membayar air. Pikirkan dan periksalah baik-baik hal apa saja yang bisa ditekan pengeluarannya. 

Kesimpulannya, dari 6 hal diatas adalah Anda tidak harus menunggu agar nilai investasi Anda naik. Anda bisa melakukan sesuatu agar bisa memberi nilai tambah pada investasi Anda, dan itu ada puluhan mungkin bahkan ratusan hal yang bisa dilakukan. 

Sumber : Entrepreneur.com
Halaman :
1

Ikuti Kami