3 Aktivitas yang Wajib Kamu Lakukan Supaya Berumur Panjang
Sumber: www.micpublishing.co.id

Health / 20 September 2016

Kalangan Sendiri

3 Aktivitas yang Wajib Kamu Lakukan Supaya Berumur Panjang

Lori Official Writer
4030

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan supaya bisa panjang umur. Beberapa diantaranya adalah menghindari gaya hidup yang buruk seperti merokok, minum alkohol, dan konsumsi obat-obatan berbahaya.

Bagi kamu yang pengen hidup sehat sampai berusia lanjut, tiga aktivitas ini wajib dilakukan dalam keseharian kamu.

1. Jalan Kaki

Bagi Anda yang tidak sempat berolahraga, perlu mengetahui kabar baik ini. Bahwa ternyata berjalan cukup 15 menit saja sehari sangat bermanfaat bagi kesehatan. Para peneliti mengatakan, olahraga ringan tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan dibanding rutin berolahraga dengan intensitas tinggi.

Berolahraga dengan jalan cepat selama 15 menit saja setiap hari bisa menjadi alternatif hidup sehat. Temuan ini sendiri menunjukkan bahwa jalan kaki 15 menit ini bisa mengurangi risiko kematian sebesar 22 persen loh!

2. Membaca buku

Studi menemukan, orang-orang yang membaca dengan fokus selama lebih dari 3.5 jam per minggu rata-rata hidup dua tahun lebih lama dari yang tidak membaca sama sekali. Peneliti Avni Bavishi dari University School of Public Health mengatakan membaca buku melibatkan dua proses kognitif yang bisa menciptakan keunggulan bertahan hidup. Seperti, memicu membaca lebih dalam dan menimbulkan empati, persepsi sosial dan kecerdasan emosional.

Namun Avni menyebutkan bahwa kemampuan ini hanya didapat dengan membaca buku, bukan bacaan majalah dan sejenis. “Membaca buku berkontribusi terhadap manfaat kelangsungan hidup yang secara signifikan lebih besar daripada yang diamati membaca surat kabar atau majalah,” ucap Bavishi.

3. Berkebun

Selain suka berkebun, ternyata orang-orang yang menggeluti aktivitas ini juga mendapat manfaat kesehatan yang besar. Aktivitas berkebun bisa menenangkan pikiran, menyenangkan hati serta memperpanjang umur. Hal ini dibuktikan dari hasil studi bahwa orang yang suka berkebun cenderung tidak kelebihan berat badan karena mereka lebih mungkin dikelilingi oleh makanan-makanan organik yang sehat.  

Sekecil atau seringan apapun aktivitas gerak yang kamu lakukan, akan sangat berguna untuk meningkatkan kesehatanmu. Karena orang-orang yang aktif bergerak diketahui berdampak positif bagi kesehatan sistem kardiovaskuler yang juga bermanfaat memperpanjang harapan hidup. Nah, masih pengen panjang umur? Yuk, aktif bergerak dan lakukan tiga hal ini setiap hari!

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami