Kebiasaan 5 Menit yang Bisa Mengubah Hidup Kamu
Sumber: www.lifehack.org

Single / 16 September 2016

Kalangan Sendiri

Kebiasaan 5 Menit yang Bisa Mengubah Hidup Kamu

Lori Official Writer
6058

Kemudahan yang tersedia di sekeliling mudah sekali mengalihkan perhatian kita dari sesuatu yang benar-benar penting untuk kita lakukan. Setiap waktu kita dibombardir dengan beragam gangguan dari semua arah. Sudah seharusnya kita mampu menangkis gangguan tersebut dan memfokuskan waktu dan pikiran kita untuk melakukan sesuatu yang benar-benar berdampak besar bagi hidup kita.

Di usia muda seperti sekarang ini, menjalani hidup produktif seperti sebuah tuntutan. Karena semakin produktif seseorang semakin cemerlang jalan di depannya. Jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak yang ingin mengubah hidup menjadi lebih baik, kebiasaan 5 menit ini bisa membawa kamu kepada arah hidup yang berbeda.

Pertama-tama, ambil waktu 5 menit setiap hari untuk menuliskan aktivitas apa saja yang harus kamu lakukan sepanjang hari. Tuliskan rentang waktunya secara detail agar tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia. Sesudah itu, pastikan untuk menepati setiap jadwal yang tertera.

 Berikut beberapa aktivitas yang pantasnya kamu isi dalam jadwal harianmu:

1 Sisihkan waktu untuk melakukan sesuatu yang kamu sukai

Tulisan kegiatan yang paling kamu suka setiap hari dalam jadwal kegiatanmu bahkan jika itu hanya memerlukan 5 menit untuk memulainya. Jika kamu meluangkan waktu secara teratur melakukan hal-hal ini, bisa dipastikan hidupmu akan berubah dan berdampak baik kepada orang-orang di sekitarmu. Yang pasti, lakukanlah sesuatu yang paling membuatmu senang.

2. Pastikan melakukan sesuatu yang paling prioritas dalam hidupmu

Menbuat jadwal kegiatan setiap hari sangat membantu kamu untuk tetap fokus pada apa yang benar-benar ingin kamu kejar dalam hidup ini. Saat memuliskan jadwal itu, pastikan salah satu aktivitas yang harus kamu lakukan sepanjang hari adalah sesuatu yang benar-benar prioritas dalam hidupmu.

Jika kamu ternyata sudah lama tidak lagi fokus dengan prioritas hidupmu, ada baiknya mulai melakukan evaluasi diri dan mengubah jadwal harianmu.

3. Lakukan beberapa kegiatan serupa dalam waktu bersamaan

Ketika hendak membuat jadwal harian, pertimbangkan beberapa kegiatan yang hampir serupa, misalnya dilakukan di tempat yang sama. Hal ini bisa meminimalisir waktu untuk bisa melakukan kegiatan lain yang bisa meningkatkan produktifitasmu.

4. Berikan deadline untuk setiap kegiatan yang kamu susun

Menetapkan deadline untuk setiap kegiatan yang kamu lakukan sangat membantu untuk meningkatkan produktifitas dan kualitasmu.Berikan batasan waktu saat kamu sedang mengerjakan sesuatu. Misalnya kamu suka dengan merajut. Nah, berikan tenggat waktu jika kamu bisa menyelesaikan satu rajutan dalam waktu 3 hari saja. Cara ini juga membantumu menghindari kebiasaan menunda.

5. Berkomitmen untuk bertindak setiap hari        

Supaya kamu bisa melihat progress hidupmu secara signifikan, ada baiknya jika kamu mulai berkomitmen untuk melakukan tindakan setiap harinya, sekecil dan sesederhana apapun itu. Percayalah, ketika kamu tidak menyerah dengan keadaan dan keinginan daging, kamu sudah melangkah satu langkah menuju mimpimu.

Saat kamu benar-benar berkomitmen untuk melakukan kebiasaan ini dengan konsisten, kamu pasti akan takjub saat mendapati bahwa hidupmu lebih terarah dan produktif. Semoga strategi ini membantumu untuk menjalani hidup yang berbeda. 

Sumber : Lifehack.org
Halaman :
1

Ikuti Kami