5 Cara Membuat Anak Cepat Betah di Rumah Baru
Sumber: http://cikooo.com

Parenting / 5 September 2016

Kalangan Sendiri

5 Cara Membuat Anak Cepat Betah di Rumah Baru

Budhi Marpaung Official Writer
7169

Sebagian besar anak atau mungkin kita para orang dewasa tidak menyukai untuk pindah ke tempat tinggal yang baru. Bertahun-tahun berada di rumah dan lingkungan sekitar yang sama biasanya membuat orang nyaman dan enggan untuk pindah. Namun, keadaan terkadang memaksa untuk pergi dan memulai kehidupan di sana. Lalu, bagaimana membuat anak betah di rumah yang baru ditempati?

1. Bersikap Pro-Aktif dan Berbicara dengan Anak Secara Intensif

Terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Arlene Licata-Miller, menyatakan orang tua sebaiknya ikut berperan aktif dalam menyiapkan anak menghadapi perubahan dalam hidupnya.

"Duduklah bersama mereka, jelaskan seputar rencana pindah rumah yang akan dilakukan. Mengapa harus pindah, ke mana pindahnya, dan kapan. Ajaklah mereka berkunjung ke rumah baru sebelum hari kepindahan,"ujar Licata-Miller.

Selain itu, Anda dan pasangan juga bisa membawa anak berkeliling di area perumahan untuk melihat keadaan. Biarkan mereka mengamati sekitar yang akan menjadi lingkungan barunya.

2. Bantulah Anak Jalani Perpisahan dengan Rumah Lama

Licata-Miller mengungkapkan bahwa orang tua jangan sampai lupa untuk menemani anak dalam proses perpisahan dengan rumah lama mereka. Mengapa ini penting? Karena anak-anak akan merasa terbantu oleh Anda berdua dalam mengendalikan emosi.

3. Biarkan Anak Memilih Kamar Mereka  

Kalaupun anak tidak bisa memilih kamar karena tidak ada pilihan lagi, setidaknya tanyakan kepada mereka warna apa yang mereka mau untuk ditempelkan di dinding kamar tidur mereka.

4. Berbicaralah dengan Guru di Sekolah Baru

Jika anak sudah memasuki usia sekolah maka mau tidak mau mereka perlu belajar di sekolah yang baru. Supaya tidak kaget, temuilah guru di sekolah baru dan mintalah dia untuk menolong anak berkenalan dengan teman-teman maupun kegiatan yang baru.

5. Bersabar

Masa transisi seringkali tidak selalu berjalan mulus dan ada kalanya anak justru tetap mengambek. Bila kondisi ini terjadi, jangan panik. Tetaplah bersabar. Sikap konsisten yang Anda dan pasangan tunjukkan ini bakal membawa pengaruh baik kepada anak.

Perlahan tapi pasti, mereka bakal menerima situasi baru tersebut dan akan baik-baik saja.  

Sumber : Kompas.com / Budhianto Marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami