7 Tips Sederhana Redakan Mata Lelah
Sumber: www.yummymummyclub.ca

Health / 30 August 2016

Kalangan Sendiri

7 Tips Sederhana Redakan Mata Lelah

Lori Official Writer
3331

Kelelahan pada mata bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor penyebab paling rentan adalah aktivitas bekerja di depan komputer dalam waktu lama. Hal ini tidak hanya dialami para pekerja kantoran yang bekerja di depan layar komputer, anak-anak sekolah pun turut mengalaminya. Banyaknya tugas sekolah atau kuliah mengharuskan mereka duduk berlama-lama di depan komputer. Akibatnya, mata menjadi tegang karena kelelahan.

Selain itu, faktor penggunaan ponsel pintar dan jenis gadget lainnya juga menyumbang risiko kelelahan pada mata loh! Kebiasaan bermain ponsel dalam waktu yang cukup lama juga bisa membuat otot saraf mata tegang. Jika masalah ini sedang Anda alami saat ini, maka hal yang paling bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah melakukan 7 tips sederhana ini.

1. Pijat Mata

Untuk meningkatkan sirkulasi darah dan keregangkan otot-otot di sekitar mata, lalukanlah pijat lembut di sekitar kelopak mata. Hal ini akan merangsang munculnya kelenjar air mata yang baik untuk menjaga mata agar tidak kering.

2. Olahraga mata

Mata juga perlu olahraga. Salah satu olahraga yang bisa meredakan ketegangan mata adalah dengan menggunakan pensil dan menahannya di kelopak mata dengan lengan. Lakukan hal ini perlahan-lahan selama 10-15 kali secara teratur.

3. Usapkan dengan kedua telapak tangan

Usapkan kedua kelopak tangan di atas kedua belah mata tertutup untuk mentransfer rasa hangat dari tangan ke mata. Jangan terlalu menekan mata. Lakukan hal ini sebanyak 3-5 setiap hari selama 10 menit.

4. Percikkan air dingin

Setiap kali merasakan ketegangan pada bola mata, percikkan air dingin di sekitar mata dalam kondisi tertutup. Hal ini bertujuan untuk meregangkan otot-otot di sekitar mata dan menyusutkan mata yang bengkak.

5. Kompres dengan kantong teh

Dinginkan sisa seduhan kantong teh chamomile di dalam kulkas. Setelah dingin, kompres mata dengan kantong teh tersebut. Seduhan teh chamomile bermanfaat untuk mengurangi ketegangan mata. Jika Anda tidak punya lemari es, teh chamomile hangat tetap bisa digunakan.

6. Mentimun

Cara sederhana lainnya mengurangi kelelahan pada mata adalah dengan mengompresnya dengan potongan mentimun. Caranya bisa dilakukan dengan memotong mentimun menjadi irisan-irisan yang tipis. Lalu letakkan irisan tersebut di kelopak mata yang tertutup. Cara ini bisa dilakukan hingga 2 kali dalam sehari. Selain mentimun, kentang juga bisa digunakan.

7. Air Mawar

Sedikit orang yang mungkin tahu bahwa air mawar ternyata sangat bermanfaat untuk meredakan kelelahan pada mata. Bagi yang belum tahu, perlu mencoba tips yang satu ini. Caranya, taungkan air mawar ke dalam satu wadah. Lalu rendam kapas ke dalamnya. Peras kapas terlebih dahulu, tetapi jangan terlalu kering. Setelah itu, tempelkan kapas di bagian mata. Air mawar akan memberikan efek menenangkan dan juga meremajakan kulit di sekitar mata dan mengurangi bengkak serta lingkaran hitam di sekitar mata. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. 

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami