Gereja Ini Bimbing Ratusan Anak Jalanan Tiap Bulan
Sumber: www.antarapapua.com

Nasional / 24 August 2016

Kalangan Sendiri

Gereja Ini Bimbing Ratusan Anak Jalanan Tiap Bulan

Mega Permata Official Writer
7321

Keadaan anak-anak jalanan di Kabupaten Merauke sangat memprihatinkan. Mereka dekat dengan bahaya dari aibon (lem), narkoba, tindakan kekerasannya dan jauh dari yang semestinya mereka dapat seperti pendidikan atau perlindungan. Melihat kondisi anak jalanan memprihatinkan, Gereja Bethel Indonesia (GBI) Eklesia terdorong untuk rutin melakukan pembinaan bagi ratusan anak-anak jalanan yang tersebar di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Setiap akhir bulan, GBI Eklesia Kabupaten Merauke melakukan pembinaan. “Kami memberikan pembinaan dari segi rohani, penyuluhan tentang narkoba, bahaya lem aibon dengan melibatkan tenaga kesehatan atau dokter. Kami putar film tentang bahaya aibon, narkoba. Jadi hal-hal nyata ini yang kita tunjukan kepada mereka,” ucap Anggota Jemaat GBI Eklesia, Kristian Isir di Merauke, Selasa.

Jumlah anak jalanan belakangan ini meningkat dari waktu lalu yang berjumlah sekitar dua ratusan, untuk itu pembinaan lanjutan direncanakan Jumat (26/8) mendatang dibatasi dan sisanya akan dilakukan pada bulan berikutnya. “Jadi kami ambil di beberapa komplek dulu, nanti bulan depan kami bina lagi di berapa komplek,” katanya.

Selama pembinaan yang dilakukan GBI Eklesia, mereka juga memberikan anak-anak jalanan tersebut makan siang dan memberikan mereka beras untuk dibawa pulang, “Kita beri makan, walau seadanya sesuai kemampuan kami. Jadi, ketika mereka pulang kami kasih beras dua kilo per orang. Kami melaksanakan pembinaan setiap akhir bulan di GBI Eklesia Jalan Nowari.”

Walaupun menjadi anak jalanan tetapi mereka tetap generasi penerus bangsa, anak pribumi yang adalah asli Papua. Kristian Isir juga menjelaskan bahwa persoalan anak jalanan menjadi perhatian bersama antar LSM, Dinas Sosial, Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Dinas Kesehatan. 

Dari data yang diperoleh dinas sosial setempat, sekitar 20 panti asuhan siap menampung anak jalanan di Kabupaten Merauke dan panti asuhan ini mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat.

Sumber : Antarapapua.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami