Ini Lho Bagian Tubuh Yang Terkena Bahaya Dari Duduk Lama
Sumber: palembang.tribunnews.com

Health / 24 August 2016

Kalangan Sendiri

Ini Lho Bagian Tubuh Yang Terkena Bahaya Dari Duduk Lama

Mega Permata Official Writer
4168

Kecanggihan teknologi semakin mempermudah kita saat menjalankan pekerjaan. Kemudahan itu yang tidak sengaja membuat kita kurang beraktivitas dan cenderung untuk betah duduk. Belum lagi para pekerja kantoran yang memang beraktivitas di depan komputer berjam-jam, kemudian lanjut di perjalanan mereka pulang kantor; di motor, bus, atau mobil dan kemacetan jalan yang tak tertahankan membuat badan jadi kurang beraktivitas dan lelah.

Sophia Hage, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, mengatakan, “Berdasarkan data WHO penyebab keempat terbesar angka kematian di dunia adalah physical inactivity atau kurang bergerak,” ucapnya, dikutip cari CNNIndonesia. Kurangnya beraktivitas atau duduk terlalu lama ternyata menyimpan beberapa resiko kesehatan. Menurut Boldsky.com, berikut beberapa bagian tubuh yang dapat terjangkit bahaya dari duduk terlalu lama:

Pertama, Kepala

Duduk selama berjam-jam dapat menimbulkan pembentukan darah beku. Ketika darah tersebut menggumpal dan mencapai otak maka kemungkinan stroke bisa terjangkit pada Anda.

Kedua, Perut

Tentunya kelamaan duduk juga dapat meningkatkan obesitas pada Anda. beberapa penelitian juga menyatakan, risiko kanker usus juga bisa terjadi. Enzim pembakar lemak tidak bekerja dengan baik saat Anda duduk terlalu lama.

Ketiga, Jantung

Kurang beraktivitas, kurang berolahraga, atau gaya hidup yang tidak sehat kemungkinan bisa mengalami risiko kardiovaskular atau penyakit jantung.

Keempat, Paru-paru

Penimbunan cairan di paru-paru yang juga berbahaya bagi jantung, ini juga bisa terjadi pada Anda akibat terlalu lama duduk.

Kelima, Lengan

Anda dapat meminimalkan risiko tekanan darah tinggi ketika lengan Anda aktif secara bersamaan.

Keenam, Kaki

Mereka yang duduk terlalu lama mungkin merasakan keram karena penumpukan cairan di kaki.

Ketujuh, Leher

Dengan posisi leher serta kepala yang selalu menatap ke depan layar komputer dan cairan yang terkumpul pada kaki kemungkinan dapat berpindah ke leher sehingga bisa menyebabkan sleep anea.

Dengan demikian Anda harus menyempatkan diri untuk istirahat, banyak bergerak atau berolah raga serta diiringi dengan pola hidup yang sehat. Anda bisa meluangkan 5 hingga 10 menit untuk melakukan gerakan dinamis seperti berjalan, naik dan turun tangga atau melakukan stretching sederhana di kantor Anda. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami