6 Tips Siasati Persiapan Saat Liburan Dadakan
Sumber: Travel.yellowpages.co.id

Entertainment / 22 August 2016

Kalangan Sendiri

6 Tips Siasati Persiapan Saat Liburan Dadakan

Lori Official Writer
2878

Merencanakan liburan jauh hari sebelumnya sering kali justru bisa batal total. Kebiasaan ini membuat sebagian pecinta jejalan memilih liburan dadakan yang tentu saja sangat minim persiapan. Tetapi tahukah Anda, cara ini justru banyak diminati loh! Karena serba mendadak, pilihan destinasinya pun jauh lebih gampang diputuskan dan kemungkinan batal semakin kecil.

Lalu bagaimana dengan persiapan liburan yang sangat minim? Apakah aman dan terjamin? Jujur saja, liburan dadakan bukannya tanpa masalah. Akan ada tantangannya sendiri bagi mereka yang memilih liburan dengan cara ini, misalnya harus pinjam beberapa peralatan ke sana ke mari saat waktunya begitu mendesak atau harus pinjam duit saat kondisi keuangan lagi menipis, dan banyak hal lainnya. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, beberapa tips ini bisa sangat membantu.

1. Pilih destinasi wisata yang terjangkau

Sesuaikanlah persiapan minim kamu dengan destinasi wisata. Jika benar-benar tidak ingin terlalu ambil risiko, pilihlah liburan ke tempat yang terjangkau. Misalnya, camping atau jalan-jalan ke pantai terdekat. Pastikan juga bahwa destinasi yang dituju sudah dijangkau transportasi dan internet.

2. Cari informasi lengkap soal tujuan wisata

Liburan dadakan biasanya diputuskan secara spontan saja. Nah, dengan perkiraan waktu yang begitu minim, diperlukan tindakan dan gerakan cepat untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Terutama mengenai informasi destinasi tujuan dan apa saja yang harus dibawa ke sana. Untuk menghindari sejumlah masalah yang tak diinginkan, ada baiknya segera mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang wisata yang dituju. Dengan itu, kamu bisa mempersiapkan barang keperluan selama di sana.

3. Barang barang-barang penting saja

Bawalah barang-barang penting saja. Sesuaikan kebutuhan dengan lamanya liburan. Jika memang hanya satu hari saja, bawalah pakaian secukupnya. Pastikan peralatan elektronik dan juga pakaian pelengkap seperti jaket, kaos kaki atau sandal juga dibawa.

4. Ajak teman yang bisa diandalkan

Mengajak teman yang sudah pernah ke tempat tersebut justru jauh lebih aman. Anda tak perlu terlalu khawatir karena dia bisa diandalkan sebagai pemandu liburan. Atau jika ternyata Anda tidak punya teman yang sudah pernah ke sana, setidaknya ajaklah teman yang benar-benar bisa diajak seru dan asyik. Pilih orang-orang yang berani dan berjiwa traveling. Memilih teman yang tepat menentukan seberapa bahagia perjalanan liburan Anda.

5. Bawa bekal makanan (cemilan)

Segala kemungkinan bisa saja terjadi di pertengahan jalan, misalnya minimnya menemukan warung makanan atau tukang jualan cemilan. Persiapkanlah bekal yang cukup selama perjalanan, setidaknya untuk mengganjal perut lapar.

6. Berani bertanya

Liburan dadakan bisa saja membuat Anda lupa dengan hal yang sangat penting, yaitu membooking penginapan. Kepanikan tentu saja akan menyerang saat mendapati bahwa ternyata semua penginapan yang ada di tujuan wisata penuh. Jangan buru-buru panik! Tanyakanlah dengan ramah kepada orang-orang di sekitar tentang penginapan mana yang memungkinkan masih tersedia. Saat liburan dadakan, kondisi ini besar kemungkinan akan terjadi, namun dengan berpikir tenang dan berani bertanya Anda dipastikan akan mendapat solusinya. Siapa tahu Anda malah mendapat tempat unik dan masih jarang diketahui orang dari hasil rekomendasi orang-orang yang Anda tanyai.

Bagaimana dengan ide liburan dadakan seperti ini? Tak ada salahnya mencoba pilihan ini sekali-kali bukan?

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami