Protes Anti Polusi Ribuan Umat Kristiani di Vietnam Dihajar Polisi
Sumber: Reuters

Internasional / 21 August 2016

Kalangan Sendiri

Protes Anti Polusi Ribuan Umat Kristiani di Vietnam Dihajar Polisi

Mega Permata Official Writer
3456

Empat ribu umat Kristen di wilayah Ky Anh di Vietnam dipukuli oleh polisi ketika mereka memprotes anti polusi kepada pemerintah atas laut mereka yang tercemar dimana hal itu sangatlah penting bagi mata pencaharian mereka.

Dilansir dari Christianpost, melaporkan bahwa grup Formosa Plastic diduga membuang limbahdengan jumlah besar ke laut dan telah mencemari 70 ton ikan.

Setelah banyak ikan mati para keluarga nelayan di Vietnam melakukan unjuk rasa di kantor Kotamadya Kota Ky Anh, tetapi  mereka diblokir dan dipukuli oleh barisan polisi sehingga beberapa orang terluka. 

Salah seorang pengunjuk rasa, Phuong, mengatakan, “Pada tanggal 15 Agustus kami memutuskan untuk melakukan unjuk rasa ke kantor balaikota tetapi polisi telah memblokir semua akses ke jalan raya.”

Phuong menambahkan, “Beberapa pengunjuk rasa mencoba memanjat barikade tapi mereka diusir. Polisi dengan menggunakan pentungan memukul orang-orang dan seorang wanita terluka.”

Pemimpin daerah Ky Anh menyangkal bahwa polisi menggunakan kekerasan dan berpendapat bahwa orang-orang yang terluka karena kerumunan orang-orang yang berkumpul.

“Memancing adalah sumber mata pencaharian pendapatan dan makanan bagi Vietnam dan akan berdampak besar terhadap perekonomian jika situasi tidak ditangani dengan tepat. Sebagai akibatnya protes terus menerus terjadi dan pihak otoritas setempat dalam upaya untuk memadamkan situasi telah menggunakan kekerasan,” lapor International Christian Concern (ICC).

Banyak keluarga nelayan tersebut tidak tahu bagaimana lagi  mereka akan bertahan hidup bila laut telah tercemar.

Penganiayaan terus terjadi terlebih pada kaum minoritas Kristen di Vietnam. Open Doors USA memberikan peringkat ke dua puluh di daftar World Watch List dari negara-negara yang melakukan penganiayaan terhadap umat Kristen.

Umat Kristen di Vietnam tidak hanya menjadi target oleh pemerintah tetapi juga semua pihak yang menentang iman mereka. Pada Juli lalu, tiga rumah umat Kristen dilempari batu oleh massa yang marah karena keyakinan yang dianut keluarga tersebut.

Sumber : Christianpost/Christianheadlines/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami