Anda Penikmat Junk Food? Ini 5 Makanan Penetral Efek Buruknya
Sumber: Wsatakuliner.com

Health / 17 August 2016

Kalangan Sendiri

Anda Penikmat Junk Food? Ini 5 Makanan Penetral Efek Buruknya

Mega Permata Official Writer
5587

Junk food atau makanan cepat saji memang sangat digemari oleh semua kalangan, dari anak kecil hingga orang tua tidak luput menikmati sensasinya. Seperti kita ketahui semua jenis junk food tidak baik untuk kesehatan kita tetapi tetap saja kita tidak bisa menghilangkan kegemaran melahapnya. Untuk itu jangan bersedih karena ada penetral atau penawar dari efek buruk makan makanan junk food, berikut beberapa jenis makanan tersebut:

Pertama, Yoghurt dan Buah Berry

Menurut ahli gizi, seporsi yoghurt plain (tanpa rasa) dicampur bersama dengan beberapa buah berry segar sebagai menu sarapan pagi dapat menjadi awal baik untuk memperbaiki metabolism tubuh Anda seharian.

Kedua, Teh Hijau atau Green Tea

Teh hijau yang kaya akan antioksidan dipercaya dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh terlalu banya makan makanan yang tidak sehat. Dengan meminum teh hijau di pagi hari dipercaya juga dapat memberikan suntikan energi ekstra sebelum Anda beraktifitas.

Ketiga, Air Jahe atau Peppermint

Jika Anda merasa perut kembung karena kebanyakan minum minuman bersoda, gangguan pencernaan atau keram, meminum air jahe atau teh peppermint bisa menjadi obat penawar yang ampuh. Keduanya berfungsi sebagai antispasmodic, yang mana akan membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan Anda dan memungkinkan gas dapat keluar dengan mudah.

Keempat, Jus Lidah Buaya

Sebuah review di British Journal of General Practice mencatat bahwa dengan mengkonsumsi lidah buaya dapat menurunkan peradangan usus dan membantu memperbaiki kerusakan di dalam usus. Hal ini juga dapat meningkatkan bakteri sehat dalam usus yang membantu pencernaan.

Kelima, Rumput Laut

Rumput laut memiliki beberapa vitamin B dan itu satu-satunya sumber B12 non-daging. Selain itu makanan ini penuh zat besi, kalsium, potassium, niasin, fosfor dan magnesium serta berisi 56 mineral bersama dengan vitamin A,K, C dan E yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Jadi ketika Anda merasa lesu dan kembung, suntikan B12 alami dalam rumpu laut dapat memberikan energi setelah menghadapi hari yang melelahkan.

Keenam, Kacang Walnut

Studi tahun 2015 dari Yale University menemukan bila rutin mengkonsumsi kacang tersebut maka dapat membawa seseorang memilih makanan lebih cerdas. Para peneliti menemukan, bahwa menambahkan dua ons walnut bisa mengurangi kebiasaan mengemil dan cenderung memilih bahan segar kata nutrisi sebagai makanan utama, seperti dikutip SELF.com.

Sehingga ketika Anda merasa kembung atau perut terasa tidak enak, ambilah kacang walnut untuk camilan. Cukup seperempat cangkir walnut, tubuh Anda sudah dipenuhi oleh 133 persen omega-3.

Ketujuh, Air Mineral

Tidak diragukan bila air mineral masih menjadi penawar yang baik. Hidrasi adalah kunci sehat, terutama setelah makan malam yang berlebihan. Dengan konsumsi air mineral makan akan membantu menetralisir racun dalam tubuh Anda, melancarkan pencernaan dan melawan kembung.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami