Cara Tepat Membersihkan Telinga Si Kecil
Sumber: www.timeoutdoha.com

Parenting / 15 August 2016

Kalangan Sendiri

Cara Tepat Membersihkan Telinga Si Kecil

Mega Permata Official Writer
3254

Membersihkan telinga si kecil perlu kehati-hatian. Kulit mereka yang masih sensitif tidak sembarangan membersihkan kotoran telinga si kecil apalagi dengan benda-benda keras. Kita sering menggunakan cotton bud atau korek kuping untuk membersihkan kotoran telinga (ear wax) pada si kecil, tetapi ternyata dengan menggunakan cotton bud justru membuat kotoran telinga si kecil terdorong ke dalam telinga. Lalu bagaimana mengatasinya?

Sebelumnya, Ear wax atau kotoran telinga adalah berupa cairan kekuningan dan lengket yang diproduksi oleh saluran telinga dalam. Sebenarnya cairan lengket dalam telinga ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu melindungi telinga si kecil dari debu, serangga, bakteri atau jamur sekalipun. Nah, jika Anda menggunakan cotton bud untuk mengorek telinga si kecil justru akan mendorong ear wax tersebut masuk ke dalam dan jika dilakukan terus menerus akan semakin menumpuk dan menyumbat.

Lagi, selain kapas cotton bud bisa tertinggal di dalam telinganya si kecil, bila Anda tidak hati-hati bisa-bisa selaput gendang telinga si kecil tertusuk dan berakibat fatal. Lebih lanjut dikutip dari Okezone.com, berikut ini langkah aman Anda membersihkan telinga si kecil:

1. Cukup usapkan telinga luarnya dengan tisu basah atau handuk lembut yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air hangat hingga di balik telinga.

2. Basahi baby’s cotton bud khusus dengan air hangat terlebih dahulu. Lalu bersihkan bagian depan dalam daun telinganya saja dengan hati-hati.

3. Hindari penggunaan cairan kimia dalam membersihkan telinga bayi karena akan menimbulkan iritasi mengingat kulit mereka yang masih sensitif.

4. Jangan pernah membersihkan telinga mereka dengan cara mengoreknya, seperti yang sudah cukup dijelaskan di atas. Bersihkan telinga bagian luar saja, daun telinga, liang telinga hingga belakang telinga. 

5. Jangan menggunakan jari tangan Anda, benda keras seperti tangkai bulu ayam atau jepit rambut saat akan membersihkan telinga si kecil. Itu sangat tidak diperbolehkan.

Jika Anda belum berpengalaman dan tidak yakin sebaiknya dilakukan oleh Ahlinya yaitu Dokter THT anak. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga untuk membersihkan kotoran yang tampak mengeras. Setelah disemprot kotoran yang sudah melunak dikorek keluar dengan alat khusus dan itu hanya dilakukan oleh ahlinya.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami