Ini Yang Perlu Anda Ketahui Dari Terapi Bekam!
Sumber: welloflifecenter.com

Health / 10 August 2016

Kalangan Sendiri

Ini Yang Perlu Anda Ketahui Dari Terapi Bekam!

Mega Permata Official Writer
22327

Akhir-akhir ini terapi bekam sedang ramai dibahas dikarenakan para atlet olimpiade Rio 2016 memilih terapi bekam sebagai obat alternatif kesehatan tubuh mereka. Dikutip dari Webmd.com, Terapi bekam atau Cupping therapy adalah suatu bentuk alternatif pengobatan dengan memakai sebuah wadah yang berbahan dasar kaca, bambu, dan tembikar, kemudian ditempatkan kepada bagian tubuh untuk menyedot kulit disekitar wadah tersebut.

Terapi bekam dipercaya untuk membantu aliran darah lancar yang tersumbat atau membeku. Terapi bekam sudah cukup lama dikenal dan merupakan kepercayaan yang berasal dari kitab pengobatan kuno yang berasal dari Mesir, China dan Timur Tengah.  

Pada tahun 2012 sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal PLoS ONE menyebutkan bahwa terapi bekam memiliki manfaat lebih dari sekedar efek plasebo. Peneliti Australia dan Cina antara tahun1992 dan 2010, menyimpulkan bahwa terapi bekam mungkin dapat lebih efektif bila dikombinasikan dengan perawatan lain seperti akupuntur atau obat dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan kondisi. Tetapi para peneliti tersebut mengakui bahwa masih ada kemungkinan lain dan perlu dikaji ulang karena masih mengandung bias.

Terapi bekam memiliki dua jenis metode, yakni bekam basah dan bekam kering. Kedua jenis bekam menggunakan zat yang mudah terbakar seperti alkohol, herbal, atau kertas yang kemudian ditempatkan di dalam wadah kaca atau gelas dan dibakar. Setelah api padam, tempatkan cangkir terbalik di bagian kulit yang diinginkan.

Saat itulah tercipta ruang hampa dalam gelas tersebut yang kemudian akan menyebabkan kulit terasa tertarik dan memerah serta pembuluh darah yang mengembang. Selama terapi bekam cukup biarkan kurang lebih 10 menit. Cara lainnya yang lebih modern adalah menggunakan pompa karet untuk menciptakan vakum di dalam wadah gelas. Kita hanya memompa dengan tangan dan cukup lentur saat melepaskan dan menggunakannya lagi. 

Banyak manfaat yang didapatkan dari terapi bekam. The British Cupping Society mengatakan terapi bekam bisa mengobati berbagai kondisi walau belum didukung oleh penelitian tetapi banyak organisasi mengatakan terapi bekam memiliki banyak manfaat, seperti: kelainan darah seperti anemia dan hemophilia, rematik, masalah kulit, jerawat, hipertensi, migraine, dan lain-lain. Biasanya area yang sering digunakan untuk terapi bekam yaitu leher, punggung, pinggang, paha, kaki, dada dan kepala. 

Adapun efek samping dari terapi bekam antara lain ketidaknyamanan, luka bakar, kulit memerah atau hingga infeksi kulit. Dan menurut The British Cupping Society sendiri mengatakan terapi bekam tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil atau menstruasi, penderita kanker metastail (kanker yang telah menyebar dari satu bagian ke bagian tubuh yang lain), dan orang yang patah tulang.

Sekali lagi yang perlu Anda perhatikan adalah tetap melakukan konsultasi atau ke dokter spesialis untuk melakukan terapi bekam. Apakah penyakit Anda bisa terobati dengan terapi bekam atau tidak. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami