Kenali 5 Tipe Orang Dari Caranya Membuat Keputusan

Finance / 4 August 2016

Kalangan Sendiri

Kenali 5 Tipe Orang Dari Caranya Membuat Keputusan

Puji Astuti Official Writer
5869

Dalam kehidupan ini setiap harinya kita diperhadapkan dengan keputusan-keputusan yang harus dibuat. Ada keputusan-keputusan kecil yang dengan mudah dibuat, namun juga ada kalanya kita diperhadapkan dengan sebuah keputusan yang bisa mengubah kehidupan selamanya. Saat harus membuat keputusan penting tersebut, tidak sedikit yang mengalami rasa takut membuat keputusan yang salah dan akhirnya ia dilumpuhkan dan tidak membuat keputusan apapun. Pada akhirnya, hasilnya adalah keputusan yang buruk, contohnya : 

- Tidak mendapatkan promosi di pekerjaan karena tidak pernah berinisiatif atau takut memintanya.

- Tidak mendapatkan beasiswa karena tidak pernah membuat pengajuan karena takut ditolak. 

Dan daftar tersebut bisa terus bertambah, semua hanya karena ketakutan yang belum tentu terjadi. Ada lima jenis orang yang dibedakan dari caranya membuat keputusan, Anda bisa memeriksa Anda masuk dalam kategori mana pada daftar berikut ini: 

Jenis 1 - Dilumpuhkan dan tidak melakukan apapun

Pada level ini seseorang biasanya pada tingkat stres yang tinggi sehingga orang tersebut dilumpuhkan secara emosi sehingga tidak bisa berpikir dengan jernih. Kondisi ini bisa dikatakan sebagai tingkat yang paling bahaya, karena ketakutan kadang tidak hanya berdampak secara emosional namun juga bisa mempengaruhi kondisi fisik seseorang yang bisa membuat menurunnya kesehatan atau sakit yang tiba-tiba terjadi. 

Jenis 2 - Pasif dan ingin menyenangkan orang lain

Pada level ini seseorang takut membuat keputusan yang melawan arus atau takut membuat orang lain kecewa, baik itu pasangan, orang tua atau masyarakat pada umumnya. Orang yang memiliki kepribadian yang ingin selalu menyenangkan orang lain, tidak suka konfrontasi dan cenderung introvet biasanya terjebak di level ini. 

Jenis 3 - Status Quo

Orang jenis ini lebih pada oportunis, dia akan berada di tengah-tengah sampai ia merasa bahwa salah satu keputusan memberikan keuntungan paling besar untuk mereka. Akibatnya mereka akan sekedar mengikut arus, trend dan apa yang populer. Apakah orang ini melihat keputusannya itu dari sudut pandang benar dan salah? Anda tidak akan pernah tahu, sebab mereka hanya melihat apa yang menguntungkan saja. Mereka juga jarang memiliki pendapat pribadi dan tidak berpendirian kuat. 

Jenis 4 - Aktif dan ekspresif

Jika Anda tahu apa yang Anda percayai dan berani mengekspresikannya, maka Anda masuk dalam golongan ini. Orang yag seperti ini memegang pendiriannya dengan kuat, dan orang-orang disekitarnya tahu. Kekurangannya, orang jenis ini tidak suka berbasa-basi dan kadang keputusannya sering menyakit perasaan orang lain, namun hal tersebut segera terlupakan karena tindakannya yang positif membawanya kepada hasil yang positif. Pada akhirnya orang-orang yang sebelumnya tidak setuju dengan keputusannya itu bisa melihat hasilnya dan menerima dengan baik keputusannya itu. 

Jenis 5 - Energik - Melakukannya dengan antusias

Orang yang berada di level ini memiliki sukacita yang terpancar dari hatinya dan mempengaruhi keputusan-keputusannya. Orang-orang senang berada di sekitar orang tipe ini karena sekalipun keputusan yang dibuat tidak menyenangkan, orang jenis ini dapat menyampaikannya dengan baik sehingga orang lain bisa menerimanya dengan baik. 

Saya berharap Anda masuk dalam kategori 4 atau 5, karena pada tingkat ini Anda tidak dikuasai ketakutan dan bisa membuat keputusan dengan pikiran yang jernih yang akan membawa Anda pada keputusan yang benar. Jika Anda belum pada kategori 4 atau 5, jangan takut Anda bisa mengubah diri Anda. Beberapa langkah berikut bisa membantu Anda dalam melakukan perubahan dalam diri Anda : 

- Kenali pada jenis mana Anda berada, lihat masalahnya dan pada hal-hal apa Anda sulit membuat keputusan. Buatlah daftarnya. 

- Tuliskan kemungkinan dari pilihan-pilihan yang ada dan dampaknya, baik dampak jangka panjang atau jangka pendeknya. 

- Tuliskan juga resiko dan keuntungan dari setiap keputusan

- Kembalikan setiap pilihan dari keputusan itu dengan kebenaran Firman Tuhan, jika diluar kebenaran Firman Tuhan berarti bisa langsung di eleminasi. 

- Terakhir dan terutama adalah berdoa sebelum mengambil keputusan apapun, tanyakan pada Tuhan apa yang Dia mau dalam perkara tersebut. 

- Konsultasikan keputusan Anda dengan orang yang bisa dipercaya dan lebih dewasa baik secara pemikiran dan rohani. 

- Pada akhirnya, keputusan tetap di tangan Anda. Buatlah keputusan dengan percaya diri dan siaplah menerima hasil akhirnya, apapun itu. 

Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana. ~ Amsal 19:21


Sumber : CBN.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami