5 Dampak Negatif Bermain Pokemon Go Pada Anak
Sumber: www.twincities.com

Parenting / 21 July 2016

Kalangan Sendiri

5 Dampak Negatif Bermain Pokemon Go Pada Anak

Lori Official Writer
3716

Permainan virtual Pokemon Go seketika waktu menjadi tren baik dikalangan orang dewasa maupun anak-anak. Tak sedikit orang yang kemudian pro dan kontra dengan kehadiran permainan yang satu ini dan tak sedikit pula yang dilaporkan menimbulkan banyak masalah akibat bermain Pokemon Go tersebut.

Banyak orangtua yang kemudian mulai khawatir jika anaknya bermain Pokemon Go. Banyak pula yang menganggapnya bukan masalah serius dan mengijinkan anak memainkan permainan virtual ini sesuka hati tanpa pengawasan yang ketat.

Menanggapi hal itu, setiap orangtua patut mengetahui 5 dampak negatif Pokemon Go ini sebelum membiarkan anak bebas leluasa memainkannya.

#1 Kemungkinan besar anak mendapat ancaman dari orang baru

Walaupun tujuan dari permainan ini adalah untuk berhubungan dengan orang lain, aturan nyatanya juga harus berlaku. Sebagian besar dari permainan ini melibatkan area umum yang disebut gym dan Pokestops yang akan menarik sejumlah orang asing untuk bermain. Saat anak bermain tanpa pengawasan dari orangtua, mereka bisa saja berkenalan dengan orang-orang baru. Orang-orang baru ini bisa saja memiliki motif yang tidak baik dan membahayakan anak. Untuk itu pastikan agar anak memberikan laporan yang jelas kepada orangtua atau bila perlu mereka mendapat pengawalan penuh.

#2 Menyebabkan gangguan lalu lintas

Saat anak bermain Pokemon Go dengan mengendarai sepeda atau berjalan, mata mereka hanya akan tertuju ke layar ponsel. Tak lagi ada perhatian sama sekali kepada kondisi di sekitar. Kondisi ini tentu saja akan sangat mengganggu lalu lintas, terutama bagi orang lain yang juga sedang lalu lalang di sekitar anak.

Jika tidak berhati-hati dan waspada, anak bisa mengalami kecelakaan dan sejenisnya. Jadi, sebelum membiarkan mereka bermain di jalanan, lebih baik memberikan peraturan yang tegas bahwa mereka hanya bisa bermain di tempat yang ditentukan sendiri oleh orangtua.

#3 Anak-anak nekat berburu Pokemon ke daerah terpencil

Salah satu bahaya bermain Pokemon Go bagi anak-anak adalah kemungkinan mereka untuk nekat berburu Pokemon Go ke daerah tertentu yang menjadi pusat perburuan. Hal ini tentu saja akan sangat membahayakan anak, dengan kemungkinan hal yang tak terduga terjadi di usianya yang masih begitu belia.

Jika saat ini anak suka bermain Pokemon Go, pastikan bahwa dia hanya akan bermain di tempat-tempat yang sudah ditetapkan orangtua.

#4 Menghabiskan kuota internet

Bermain Pokemon Go membutuhkan kouta data. Meskipun tidak terlalu besar, tetapi penggunaan yang tak terkontrol pasti akan menghabiskan data yang cukup besar. Ini adalah salah satu dampak buruknya apalagi jika anak bermain Pokemon Go dengan ponselnya sendiri.

Agar tidak menyebabkan pembengkakan biaya, ada baiknya memberikan ketetapan kepada anak untuk bermain hanya di lingkungan rumah atau di sekitar tempat-tempat yang menyediakan WIFI gratis.

#5 Keberadaan anak terlacak dari GPS

Karena permainan ini terhubung dengan Google Maps maka anak akan dengan mudah menemukan Pokémon secara real time di tempat-tempat yang nyata. GPS ponsel tentu akan otomatis aktif. Hal ini tentu akan memudahkan pelacakan keberadaan anak. Kemungkinan inilah yang bisa dipakai oleh oknum-oknum tertentu untuk melakukan tindak kriminalitas atau kejahatan kepada anak.

Jika Anda tidak ingin salah satu dampak negatif di atas terjadi kepada anak Anda, maka bersikap tegaslah kepada anak jika mereka memaksa ingin berain Pokemon Go. Atau jika sudah terlanjur mengijinkan anak, pastikan Anda tetap ada di sekitar mereka ketika asik memainkan permainan ini.

Sumber : Scarymommy.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami