Adakah Batasan Bagi Pasangan Menikah Untuk Saling Terbuka?
Sumber: www.huffingtonpost.com

Marriage / 20 July 2016

Kalangan Sendiri

Adakah Batasan Bagi Pasangan Menikah Untuk Saling Terbuka?

Lori Official Writer
3120

Apakah Anda pernah membagikan tentang segala hal kepada pasangan Anda termasuk sebuah rahasia pribadi? Jika sebelumnya para peneliti mengatakan bahwa berbagi rahasia dengan pasangan memang akan membuat pernikahan menjadi sehat, studi yang satu ini menemukan sebaliknya.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Norton, sebuah perusahaan pelindung keamanan komputer mengklaim bahwa semakin banyak pasangan berbagi password situs jejaring sosial dan email mereka kepada pasangan, semakin bebas pula pasangan membuka media sosial dan email dengan diam-diam. Sebanyak 15% pasangan yang melakukan pengintaian itu pada akhirnya berujung pada pertengkaran.

Jika demikian pertanyaannya adalah: Adakah batasan bagi pasangan menikah untuk saling terbuka? Belakangan ini, para peneliti tidak lagi memandang bahwa konsep hubungan yang sudah lama tidak lagi ideal untuk saat ini. Berikut alasan mengapa orang-orang pantas merahasiakan beberapa hal dari pasangannya.

Yang harus diberitahu dan yang tidak harus

 “Setiap hubungan harus didasarkan pada transparansi, kejujuran dan kebutuhan,” kata senior konselor hubungan, Dr Rajan Bhonsle. Dia menjelaskan, jika ada hal intim yang melibatkan kehidupan dimasa lalu salah satu pasangan, seperti hubungan intim secara fisik atau urusan yang serius, sangat disarankan untuk memberitahukan pasangan tentang hal itu. Kejujuran tentang hal itu justru akan memperkuat ikatan cinta diantara suami dan istri.

Sementara di sisi lain, pakar hubungan Seema Hingorrany mengatakan bahwa pasangan menikah juga dianjurkan harus bisa menjaga beberapa aspek hidupnya masing-masing. Misalnya, merahasiakan password ponsel, email, sosial media atau bahkan kartu ATM. “Membiarkan pasangan Anda masuk ke dalam setiap domain dalam hidup Anda bisa menyebabkan hal yang fatal,” ucapnya.

Anda hanya perlu berbagi hal-hal yang terasa nyaman untuk dibagikan. Hal ini tidak ada hubungannya dengan tindakan selingkuh atau menyembunyikan sesuatu yang merugikan hubungan. Karena menyembunyikan rahasia tentang perselingkuhan atau tindakan buruk Anda dari pasangan justru hanya akan merusak hubungan dan juga masa depan Anda.

Bagikan rahasia kecil Anda

Baik sekali jika Anda mau berbagi tentang hal-hal sederhana yang Anda lakukan di luar sana. Misalnya, memberitahukan tentang hang out Anda bersama rekan kerja pria atau perempuan untuk sekadar nongkrong minum kopi. Hal ini mungkin akan membuat dia sedikit komplain, tetapi jangan khawatir dia akan segera paham.

Bagikan rahasia Anda di waktu yang tepat

Jika Anda mencoba untuk membagikan sesuatu yang penting dengan pasangan, seperti masa lalu, masalah keintiman atau perselingkuhan, Hinggorrany menjelaskan bahwa idealnya Anda harus mencari waktu yang tepat untuk bisa mencurahkan seluruh isi hati Anda kepadanya. “Jika hubungan Anda dengan pasangan akhirnya rusak, kemungkinan dia mungkin membocorkan rahasia Anda. Pastikan mengambil waktu sebelum mulai menyampaikan rahasia itu kepadanya,” ucap Hinggorrany. 

Sumber : Timesofindia.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami