Persiapkan 6 Hal Ini Sebelum Mengajak Anak Nonton Bioskop
Sumber: www.gulalives.co

Parenting / 14 July 2016

Kalangan Sendiri

Persiapkan 6 Hal Ini Sebelum Mengajak Anak Nonton Bioskop

Lori Official Writer
3601

Menonton bioskop adalah salah satu hiburan bagi anak saat musim liburan. Apalagi jika anak Anda sudah berusia sekitar 2.5-3 tahun, mereka sudah mulai bisa memahami jalan cerita film bertema sederhana. Jika Anda punya rencana mengajak anak menonton bioskop untuk pertama kalinya? Lakukan beberapa persiapan ini terlebih dahulu agar pengalaman menonton ini sukses.

1. Pastikan film yang ditonton sesuai dengan kelompok usia anak

Hal pertamayang paling penting sebelum menonton bisokop dengan anak adalah memastikan film yang ditonton sesuai dengan usia anak. Film tidak mengandung konten kekerasan, pronografi/pornoaksi, SARA, horor atau adegan-adegan yang seharusnya ditujukan hanya bagi mereka berusia dewasa. Sebagai saran, pilihlah film anak yang mudah dipahami dan menyenangkan, seperti film Finding Nemo, Dora the Explorer, atau SpongeBob Square Pants. Biarkan juga anak menentukan sendiri film anak yang ingin ditontonnya, tetapi tetap berikan arahan yang benar jika film pilihan mereka justru kurang baik.

2. Lewatkan iklan dan trailer

Sebelum film utama dimulai, bioskop biasanya akan memutar iklan selingan. Sebaiknya lewatkan saja iklan tersebut, karena anak di bawah usia delapan tahun masih belum bisa membedakan antara iklan dan film utama.

3. Ajak anak ke toilet sebelum pemutaran film

Suhu ruang bioskop yang dingin bisa mengundang anak tiba-tiba kebellet ingin ke toilet. Nah, untuk menghindari risiko ketinggalan cerita, ajaklah anak terlebih dahulu ke toilet sebelum film dimulai. Selain itu, pilihlah posisi duduk yang fleksibel agar mudah membawa anak jika meminta keluar sejenak dari ruang bioskop.

4. Buat komitmen dengan anak untuk tetap tenang selama pemutaran film

Bicarakan pada anak untuk duduk tenang sampai film selesai. Jangan lupa jelaskan padanya bahwa ada aturan tertulis saat menonton di bioskop. Seperti, penonton harus duduk tenang dan berbicara dengan nada suara yang pelan.

5. Perlengkapi anak dengan makanan dan minuman

Agar anak bisa tetap tenang di tempat duduknya, belilah makanan dan minuman yang bisa mereka nikmati sembari nonton. Hal ini juga bisa mencegah anak untuk tidak rewel dan merengek dibelikan makanan keluar ruang bioskop.

6. Berdoalah sebelum film diputar

Hal ini terbilang tindakan yang alkitabiah, karena dengan berdoa Anda bisa mengontrol segala hal yang tidak berkenan terjadi pada anak setelah menonton film. Doakanlah agar film yang Anda pilih hanya akan memberi dampak positif bagi anak dan menolak setiap dampak negatif merasuki pikiran anak.

Ada beragam pengalaman yang terjadi ketika mengajak anak untuk pertama kalinya menonton bioskop. Namun hal itu tentu saja wajar karena anak perlu penyesuaian dan pemahaman tentang segala hal yang dia lihat dan saksikan. 

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami