Empat Tips Agar Mudah Menghafalkan Ayat Firman TUHAN
Sumber: christinalangella.com

Kata Alkitab / 11 July 2016

Kalangan Sendiri

Empat Tips Agar Mudah Menghafalkan Ayat Firman TUHAN

Mega Permata Official Writer
14126

Dalam Amsal 7:3 disebutkan, “Tambatkanlah semuanya itu pada jarimu, dan tulislah itu pada loh hatimu.” Hal itu dimaksudkan agar Firman-firman Tuhan terus ada dalam diri kita dan hidup. Supaya kita hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Yesus sendiri, sebagaimana dicatat dalam Injil, secara teratur dikutip Alkitab sebagai seorang rabi yang berarti Guru (Yoh 1:38). Ketika Ia dicobai oleh iblis di padang gurun, Ia menjawab dengan mengulang ayat-ayat dari Taurat. “Dia hanya bertahan melawan serangan itu dengan Firman Allah. Jika Yesus tahu cara yang lebih baik untuk melawan godaan, percayalah Dia akan menggunakannya,” kata Rick Warren. 

Begitu juga pula yang diharapkan Tuhan kepada kita, agar Firman-Nya selalu ada dalam hati umat-Nya dan tidak takut menghadapi dunia. Berikut beberapa tips untuk dapat menghafal beberapa ayat Firman Tuhan;

Pertama, Buat Rencana Yang Realistis

Pilih kitab mana yang Anda inginkan. Mulailah dengan beberapa ayat setiap minggu minimal tiga ayat menjadi awal yang baik untuk belajar. 

Kedua, Jadikan Sebuah Rutinitas

Cari waktu yang pas untuk Anda gampang baca Firman Tuhan. Seperti saat di pagi hari bersamaan dengan saat teduh Anda atau makan siang, atau sebelum tidur.

Ketiga, Baca dengan Keras

Anda akan lebih mudah terbantu dengan membaca ayat tersebut dengan bersuara dan terus mengulanginya. Dan jangan lupa untuk mengulang referensinya juga karena akan aneh jika kita tahu isinya tapi kita lupa dari mana asal ayat ini.

Keempat, Tuliskan

Tuliskan di kertas dan tempelkan di depan kaca, kulkas, di meja kerja Anda, di mana pun yang sering Anda lewati di rumah. Anda juga bisa membuat ayat tersebut menjadi wallpaper di gadget atau di komputer tempat kerja Anda.

Sebagai orang percaya, Alkitab adalah pegangan hidup kita. Tidak hanya baik untuk menghafalkannya tetapi juga akan lebih baik lagi jika kita dapat mempraktekkannya ke dalam keseharian hidup kita.

Sumber : Christian Post/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami