Liburan Aman Dengan Mobil Pribadi? Coba 6 Tips Ini…
Sumber: www.travelsafe-aca.com

Entertainment / 4 July 2016

Kalangan Sendiri

Liburan Aman Dengan Mobil Pribadi? Coba 6 Tips Ini…

Lori Official Writer
4377

Mudik liburan sembari berwisata dengan kendaraan pribadi atau mobil menjadi pilihan banyak orang. Selain murah, liburan dengan mobil pribadi juga dianggap lebih nyaman dan fleksibel. Tapi kadang memang butuh waktu lama untuk tiba di tempat tujuan lantaran beragam hambatan yang terjadi di tengah perjalanan, seperti macet atau bahkan nyasar.

Lalu apa strategi agar liburan menggunakan mobil pribadi berjalan dengan lancar, aman dan nyaman? Berikut 6 tips yang bisa diterapkan.

1. Periksa keadaan mobil

Sebelum berangkat liburan ke kampung halaman atau kemanapun, ada baiknya untuk memeriksa kondisi mobil yang akan digunakan. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari ban, oli hingga aki. Tak ada salahnya untuk membawa kendaraan tersebut ke bengkel untuk benar-benar diperiksa kesiapannya, supaya mengurangi kemungkinan hal yang tak menyenangkan selama perjalanan.

2. Kenali jalur alternatif dan aktifkan GPS

Cobalah cari informasi terkini mengenai jalur yang akan Anda lalui. Di mana saja titik-titik kemacetannya dan apakah ada jalur alternatif yang bisa dilewati. Jangan lupa aktifkan GPS dan manfaatkan aplikasi penunjuk jalan yang ada di ponsel.

3. Cukup istirahat sebelum berangkat

Perjalanan jauh telah menanti dan untuk menyetir tentunya butuh kondisi tubuh yang prima. Paling tidak, sehari sebelum mudik istirahatlah yang cukup. Bagi yang berpuasa jangan lupa juga untuk makan sahur yang cukup.

4. Bawa uang tunai secukupnya

Membawa uang tunai secukupnya termasuk penting. Selama di perjalanan banyak kebutuhan yang belum tentu bisa dibayar dengan kartu kredit atau debit. Seperti bayar toilet umum dan membeli minuman serta makanan dari pedagang asongan atau warung pinggir jalan. Pecahan uang kecil juga bakalan berguna untuk mempercepat transaksi di gerbang tol.

5. Sedia makanan dan minuman

Tentunya membawa makanan, minuman serta vitamin jangan sampai terlupa. Membawa makanan dan mninuman bisa menjadi penyelamat Anda ketika harus menunggu macet yang berkepanjangan dan tak bisa mampir ke restoran saat waktu makan tiba.

6. Hindari mengangkut penumpang melebihi kapasitas

Demi keselamatan dan kenyamanan berlibur dengan mobil, sebaiknya hindari mengangkut beban atau penumpang melebihi kapasitas kendaraan. Pada dasarnya, setiap kendaraan didesian untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing. Kelebihan beban hanya akan berpotensi pada keselamatan semua penumpang. Misal untuk sepeda motor, kapasitas normalnya adalah untuk 2 orang, jika Anda memiliki seorang anak kecil yang berusia dibawah 7 tahun, maka berkendara bertiga masih diperbolehkan. Tapi, hal ini berbeda situasinya jika Anda memiliki dua orang anak, kapasitas akan melebihi beban muatan normalnya. Untuk mobil, jika kapasitas mobil hanya untuk 7-8 orang, maka sebaiknya jangan digunakan untuk mudik dengan mengangkut 10 orang. Hal ini tidak sehat dan berbahaya untuk keselamatan Anda dan keluarga. 

Bagi Anda yang saat liburan panjang bersama keluarga, teman atau bahkan sendiri, tetap berhati-hatilah. Dan yang paling penting tetap panjatkan doa dan minta perlindungan dari Tuhan di sepanjang perjalanan Anda. Selamat berlibur!

Sumber : Detik.com/Cermati.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami