Mengapa Ikut Arisan Keluarga Itu Penting?
Sumber: www.huffingtonpost.com

Marriage / 22 June 2016

Kalangan Sendiri

Mengapa Ikut Arisan Keluarga Itu Penting?

Lori Official Writer
12306

Arisan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan kegiatan yang tidak asing lagi. Arisan bisa dilakukan bersama teman kerja atau tetangga. Namun di masyarakat kita, arisan yang paling banyak dijalankan adalah arisan keluarga. Arisan ini dianggap penting karena selain bertujuan untuk membantu keuangan, arisan keluarga juga berguna untuk mempererat hubungan kekeluargaan.

Salah satu manfaat terpenting dalam arisan keluarga adalah memastikan bahwa ada satu momen seluruh anggota keluarga berkumpul dan bercengkerama meskipun tinggal di tempat yang sangat berjuahan satu sama lain.

Bagi keluarga atau pasangan suami istri yang belum mengikuti arisan keluarga sebaiknya mengetahui beberapa manfaat mengikuti arisan ini:

Membina Kedekatan Keluarga

Saat ini setiap orang sibuk dengan kehidupan sosial masing-masing. Akibatnya, ikatan kekeluargaan mulai renggang. Dengan menghadiri arisan, suami istri bisa mengetahui kondisi pribadi dan rumah tangga serta saudara-saudara dekat dan kerabat lainnya. Selain bertujuan untuk membantu keuangan keluarga, arisan ini juga bisa menjadi momen berkumpul bersama dengan keluarga besar dari salah satu atau kedua belah pihak.

Anak Bisa Semakin Dekat Dengan Keluarga Besar

Manfaat lain dari arisan keluarga juga berdampak pada anak-anak. Mereka dapat mengenali dan merasa dekat dengan saudara dari ayah atau ibunya serta sepupu-sepupunya. Ajaklah anak untuk ikut ke arisan keluarga bila kebetulan digelar di salah satu kediaman keluarga yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Menjadi Ajang Untuk Menikmati Momen Berbeda  

Mengadakan acara arisan keluarga tidak hanya bisa dilakukan di rumah saja, tetapi arisan juga bisa dilakukan di restoran, taman bermain, kolam renang atau tempat wisata. Jadi, tak ada batasan bagi keluarga yang terlibat dalam arisan untuk melakukan kreatifitasnya sendiri saat menggelar arisan.

Hal lain yang juga membuat arisan keluarga itu penting adalah membantu perencanaan keuangan bagi pasangan. Salah satu adalah cara untuk menabung secara berjangka, dimana arisan bisa menjadi seperti tabungan yang bisa ditarik satu atau dua kali dalam setahun.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami