Wah, Ternyata Bantu Menyelesaikan Pekerjaan Rekan Kerja Tidak Baik Lho
Sumber: blog.jobs.id

Career / 22 June 2016

Kalangan Sendiri

Wah, Ternyata Bantu Menyelesaikan Pekerjaan Rekan Kerja Tidak Baik Lho

Mega Permata Official Writer
5262

Saling tolong menolong memang perbuatan baik. Ya, itulah manfaatnya kita di bumi untuk saling tolong menolong satu sama lain yang kesulitan. Tetapi kita harus melihat konteks dulu seperti apa pertolongannya, pertolongan yang benar benar baik atau sengaja dimanfaatkan. Nah, seperti menolong rekan kerja menyelesaikan tanggung jawab ternyata negatif, lho.

Diketahui, menurut studi terakhir mengatakan bahwa terlalu sering memberikan atau membantu rekan kerja kita menyelesaikan tanggung jawabnya menyebabkan tubuh dan emosi terkuras lebih. Russel Johnson, Asisten Profesor dari Michigan State University USA, mengatakan, “Membantu rekan kerja bisa memberikan efek negatif pada pihak yang membantu, terutama jika dia sering kali membantu,” jelasnya, seperti dilansir oleh kompas.com (21/6).

Selanjutnya studi mengatakan, selalu membantu rekan kerja untuk menyelesaikan tugasnya dapat memperngaruhi kinerja Anda menjadi lebih buruk. Studi ini diikuti 68 karyawan dari sejumlah industri, termasuk bidang kesehatan, insinyur dan bidang keuangan. Para Karyawan diminta bekerja sebanyak 15 hari. 

Karyawan lain yang diminta bekerja sesuai porsi dan target masing-masing terlihat bersemangat hingga jam pulang kerja. Sementara, responden menjadi tampak tidak bersemangat dan tidak bergairah saat diminta untuk membantu rekan kerja mereka yang kesulitan menyelesaikan pekerjaannya. 

Johnson juga menguraikan, “Mereka yang memang memiliki jiwa penolong memiliki tanggung jawab untuk membantu ketika ada yang meminta, tetapi itu bisa merugikan mereka terkait performa kerja,” jelasnya pada jurnal yang dipublikasikan oleh Journal of Applied Psychology.

Dan untuk Anda, jika berniat menolong rekan kerja yang berkesulitan sebaiknya dilihat dulu, apakah pekerjaan kita juga sudah selesai atau belum. Karena tidak baik juga kita bisa membantu orang menyelesaikan pekerjaannya tetapi pekerjaan sendiri belum selesai. 

Sumber : kompas.com/jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami