Presiden Mesir Akan Tindak Pembakar Rumah Warga Kristen Koptik
Sumber: english.alarabiya.net

Internasional / 1 June 2016

Kalangan Sendiri

Presiden Mesir Akan Tindak Pembakar Rumah Warga Kristen Koptik

daniel.tanamal Official Writer
2410

Presiden Mesir Abdel Fattah el Sisi mengutuk keras insiden di sebuah desa di selatan Kairo, Mesir, dimana warga setempat membakar habis tujuh rumah milik umat Kristen Koptik.  Penyebab dari tindakan brutal itu sendiri diyakini karena cinta beda agama antara seorang pria Kristen Koptik dengan perempuan Muslim.

Menurut el Sisi kejadian ini dapat menimbulkan perpecahan yang meluas jika tidak segera ditangani secara tegas dan cepat. Mantan Jenderal Negeri Piramida itu berjanji untuk segera menindak para pelaku. “Kita adalah satu dan hukum harus ditegakkan,” tegasnya.

Seperti diketahui, dirilis Middle East Online, Jumat (27/5/2016), insiden pembakaran itu terjadi pada 20 Mei 2016. Keluarga si pria disebut telah memberi tahu polisi bahwa mereka menerima ancaman dari warga. Namun, polisi butuh waktu agak lama untuk merespons laporan tersebut hingga insiden tersebut terjadi.

Selama serangan, sejumlah pria bersenjata menjarah dan membakar tujuh rumah milik umat Kristen Koptik. Bahkan, ibu si pria tersebut ditelanjangi dan diarak keliling desa oleh para pelaku. “Mereka membakar rumahku dan masuk lalu menyeretku keluar. Mereka melemparku keluar dan merobek pakaianku. Saya telanjang, berteriak, dan menangis seperti bayi yang baru dilahirkan kembali,” tutur korban yang namanya sengaja tidak dipublikasikan, seperti dimuat Telegraph, Selasa (31/5/2016).

Kisah cinta beda agama atau bahkan pernikahan beda agama adalah hal yang tabu bagi kedua umat agama di Mesir. Undang-Undang (UU) Mesir menyatakan pernikahan antara seorang pria Kristen dengan perempuan Muslim adalah ilegal. Namun, pernikahan antara pria Muslim dengan perempuan Kristen masih diperbolehkan.


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami