Simak Lima Cara Meningkatkan Produktivitas Anda Saat Kerja

Career / 27 May 2016

Kalangan Sendiri

Simak Lima Cara Meningkatkan Produktivitas Anda Saat Kerja

Mega Permata Official Writer
3773

Saat bekerja mungkin anda merasa semangat mulai menurun apalagi sudah menjelang akhir bulan banyak laporan yang harus dievaluasi lagi. Ketika mengerjakannya anda merasa pusing, letih dan akhirnya terbengkalai. Anda merasa hari itu anda tidak produktif. Untuk itu simak tips ini untuk mengembalikan produktivitas anda dan kembali semangat, di akhir bulan ini yang memang banyak pekerjaan menanti;

Pertama, Rencanakan apa yang harus dikerjakan

Sebelum bekerja ada baiknya Anda membuat perencaan pekerjaan Anda. Ada dua pendekatan yang dapat Anda coba. Pertama, merencanakan pekerjaan sehari sebelumnya. Kedua, merencanakan pekerjaan mingguan di Minggu sore atau malam. Anda bisa mencoba metode tersebut untuk meringkas waktu Anda bekerja.

Kedua, Jauhkan dari Gangguan

Untuk menjaga kinerja Anda tetap berjalan dan tetap semangat, baiknya ada harus menjauhkan beberapa gangguan. Dengan menjauhkan gangguan-gangguan tersebut, itu berguna untuk anda tetap fokus pada pekerjaan. Seperti, mematikan ponsel anda ke dalam mode getar, koneksi internet, atau rekan kerja anda yang asik bergosip. Anda bisa mengatakan sebelumnya bahwa Anda sedang mengerjakan dateline yang memang tidak bisa diganggu.

Ketiga, Menyisihkan tugas yang kurang penting

Anda bisa menyeleksi tugas-tugas yang kurang penting. Maksudnya sepeti tugas yang memang bisa dikerjakan nanti-nanti atau yang tidak memiliki date-linenya. Jika Anda seorang atasan pilih bagian-bagian tugas atau mendelegasikan tugas yang kurang penting kepada bawahan Anda. Ini penting karena akan membuat Anda fokus kepada pekerjaan penting yang membutuhkan kosentrasi dan waktu Anda.

Keempat, Perkirakan Waktu Pekerjaan

Kemudian yang harus Anda lakukan setelah membuat perencanaan, Anda perlu mmbuat perkiraan waktu dari masing-masing tugas pekerjaan Anda. Misalkan Anda menargetkan pada jam 11 siang, tiga laporan sudah harus selesai. Atau anda bisa membuat strategi seperti menyelesaikan tugas tersebut hanya dalam waktu 2.5 jam saja, sehingga Anda memiliki waktu luang untuk rehat sejenak.

Kelima, Mengevaluasi

Selalu mengevaluasi hasil pekerjaan ditiap minggunya cukup penting. Caranya adalah Anda tinggal membandingkan pekerjaan yang selesai dengan target atau rencana pekerjaan Anda. Jika target pekerjaan belum tercapai, dengan begitu Anda bisa mengetahui penyebabnya. 

Mengingat setiap pekerja memiliki peran cukup penting bagi perkembangan bisnis Anda, maka tak ada salahnya bila mulai senin depan Anda bisa terapkan ini. Karena apabila produktivitas Anda tetap terjaga maka kualitas kerja pun maksimal. Tetapi jika produktivitas Anda belum optimal maka akan sebaliknya. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami