Jika Anda Tertarik Menyekolahkan Anak Anda Di Sekolah Alam, Simak Ini
Sumber: www.inspirasi.co

Parenting / 25 May 2016

Kalangan Sendiri

Jika Anda Tertarik Menyekolahkan Anak Anda Di Sekolah Alam, Simak Ini

Mega Permata Official Writer
4755

Di zaman modern ini menuntut ilmu tak hanya dapat dilakukan dari “sekolah” saja. Dimana anak-anak belajar di dalam kelas dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang bahkan lebih. Berulang setiap hari kecuali hari sabtu dan minggu. Kadang waktu bermain dan istirahat tidak cukup untuk menghilangkan kejenuhan mereka di kelas. Menuntut ilmu tidak harus berada di dalam sekolah. Perkembangan dunia pendidikan menghadirkan aneka metode pembelajaran yang tidak melulu di dalam kelas, terbatas dinding-dinding kuat, siswa yang duduk rapi dan berseragam. 

Di sisi lain banyak orang tua berlomba memasukkan anaknya ke sekolah favorit atau internasional, tapi tidak sedikit orang tua memilih atau melirik sekolah alam. Sekolah alam merupakan salah satu model pendidikan yang berupaya untuk melakukan pengembangan pendidikan secara alami seperti belajar dari segala makhluk di alam semesta ini. 

Berbeda dengan sekolah biasa yang mana kebanyakan menggunakan model metode pembelajaran di dalam kelas tanpa membiarkan para siswanya belajar lebih banyak dari luar atau alam bebas. Sementara pada sekolah alam metode belajarnya lebih banyak dengan melakukan action learning serta belajar melalui pengalaman. Sekolah alam sebagai media belajar bertujuan agar murid lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan bisa menerapkan pengetahuan yang dipelajari.

Berikut kelebihan yang didapat oleh anak didiknya

1.  Anak tidak hanya terpaku pada teori saja, tetapi bisa mengalami langsung pengetahuan yang dipelajari.  

2. Meninggalkan sistem belajar mengajar konvensional, yaitu guru menerangkan dan murid mendapat pengetahuan hanya dengan mengandalkan buku panduan.   

3. Menggunakan action learning dimana mereka belajar melalui pengalaman. Jika mengalaminya secara langsung, ia akan belajar lebih bersemangat, tidak jenuh, percaya diri, dan lebih aktif.

Jika anda tertarik dengan menyekolahkan anak anda pada sekolah alam, sebaiknya berdiskusi dahulu dengan anak anda, apakah ia setuju atau tidak. Dengan tahun ajaran baru yang sebentar lagi, anda bisa mencari informasi seputar sekolah alam.


Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami