Gereja di Minnesota akan Gelar Buka Puasa Bersama Selama Ramadhan
Sumber: Istimewa

Internasional / 25 May 2016

Kalangan Sendiri

Gereja di Minnesota akan Gelar Buka Puasa Bersama Selama Ramadhan

daniel.tanamal Official Writer
3165

Untuk mewujudkan toleransi yang cakupannya luas, sebuah gereja di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Minnesota akan menggelar buka puasa bersama selama Bulan Ramadhan. Acara buka bersama yang digagas oleh pendeta Cynthia Bronson Sweigert ini bertujuan untuk mengatasi Islamophobia yang semakin meningkat.

Bronson Sweigert mengoordinasi badan Gereja Episkopal di Minnesota dengan program  “Taking Heart”, rangkaian perjamuan yang disiapkan pihak gereja di masjid-masjid selama 10 tahun terakhir ini, bekerja sama dengan Muslim American Society of Minnesota (MAS). Sejauh ini sudah ada 15 masjid yang siap menjadi tuan rumah, membukakan pintu untuk non-Muslim yang mau ikut bergabung dalam acara buka bersama. “Toleransi antara Kristen-Islam adalah hal yang penting saat ini karena Islamophobia makin meningkat. Sebagai orang Minnesota, yang orang-orangnya ramah dan terbuka, masih saja ada kesalahpahaman tentang Islam,” katanya.

Untuk membantu menyebarkan program ini, Bronson Sweigert dan timnya mengirimkan undangan ke semua orang yang pernah ikut acara buka bersama “Taking Heart” beberapa tahun lalu. Gereja-gereja, Sinagoga, dan rumah peribadatan lainnya juga diberitahu, disediakan pula poster-poster atau material apapun dalam upaya mempublikasikan acara tersebut. The Council of American-Islamic Relations (CAIR) merilis buletin tahunan “Sharing Ramadan Resource Guide” pada hari Selasa (17/5),memuat semua hal dasar yang perlu diketahui mengenai Islam untuk menyukseskan  acara buka bersama nanti.

? ?Kami berharap setiap komunitas lokal mempunyai kegiatan yang hampir serupa (acara kerukunan antara umat beragama)” kata Ibrahim Hooper, Ketua CAIR, menambahkan, “Dengan riset dan pengalaman, kami menemukan cara untuk melawan Islamophobia yang semakin meningkat melalui pendidikan”.

Acara buka bersama “Taking Heart” yang akan diselenggarakan nanti pada saat bulan Ramadhan akan menjadi ajang dialog antara satu dengan yang lain. Acara akan dipandu oleh pihak masjid, menyampaikan informasi tentang Islam dan bulan suci Ramadan, memandu orang-orang untuk  menikmati ta’jil, menyantap bersama hidangan yang lezat, dan duduk bercengkerama layaknya sebuah keluarga besar.


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami