Intip, 6 Cara Agar Keuangan Tidak Keluar Batas Dan Tetap Terjaga

Finance / 20 May 2016

Kalangan Sendiri

Intip, 6 Cara Agar Keuangan Tidak Keluar Batas Dan Tetap Terjaga

Mega Permata Official Writer
3328

Dalam hal budgeting atau penganggaran adalah lebih dari sekedar cara mengalokasikan uang untuk biaya mingguan atau bulanan. Orang-orang yang tahu bagaimana dalam penganggaran memiliki cara sistematis dalam menangani keuangan mereka. Selain mengatur pengeluaran mereka, orang yang memilih hemat lebih sering merencanakan keuangan mereka terlebih dahulu. 

Namun, untuk tetap terencana, penganggaran keuangan tidak semudah kelihatannya. Banyak dari kita berhenti dan keluar lebih dari anggaran, dan membuatnya menjadi berantakan. Kita menyerah setelah satu atau dua bulan dari pencatatan dan pengeluaran. Apakah ada cara mudah untuk melacak anggaran dan keuangan? Berikut ini sepuluh poin sederhana untuk diingat:

Pertama, Berpikir strategis

Apa inti dari membuat anggaran? Saat Anda membuat anggaran, selalu ingat bahwa hal itu untuk membantu menjaga Anda dari hutang. Tujuan dari anggaran Anda adalah untuk menciptakan masa depan yang lebih baik yang akan memberikan Anda lebih banyak kebebasan finansial dan kekhawatiran hutang.

Kedua, Tetapkan Tujuan Keuangan

Apakah ada rencana yang ingin Anda lakukan untuk tahun ini? Apa tujuan keuangan Anda dapat mengatur untuk membuat rencana tersebut berjalan? Ketika membuat tujuannya, pastikan Anda menyiapkan dua rencana yaitu, rencana jangka pendek dan jangka panjang. Ada banyak aplikasi pengelolaan uang di luar sana yang dapat membantu Anda mengalokasikan uang Anda dengan mudah.

Ketiga, Siapkan untuk Keadaan Darurat

Selalu memiliki dana darurat. Ketika hal-hal tidak berjalan dengan baik, dana darurat dapat menyelamatkan Anda dari utang dan stres. Persiapkan seperti dalam kasus darurat kesehatan, PHK, atau perceraian. Persiapan yang tepat menjamin bahwa Anda mempunyai cukup uang untuk apa yang penting menurut Anda.

Keempat, Batas Anggaran 

Bila Anda terlalu nyaman dengan anggaran Anda, Anda merasa lebih mudah untuk banyak mengeluarkan uang. Cobalah untuk membatasi segalanya untuk perhitungan yang cukup. Jangan memberikan diri Anda memegang uang lebih untuk membelanjakan hal-hal yang Anda bahkan tidak perlu.

Kelima, Mengatur Batas

Meminjamkan uang kepada teman-teman dan anggota keluarga kadang-kadang penyebab uang berkurang. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk meminjamkan uang, pastikan Anda memiliki bagian keuangan Anda sendiri. Karena selalu ada kemungkinan uang Anda tidak akan dikembalikan oleh teman atau anggota keluarga anda.

Keenam, Mengevaluasi

Jangan lupa untuk melakukan penilaian. Memantau bagaimana Anda lakukan dengan keuangan Anda setiap minggunya atau bulannya. Apa faktor yang menghalang Anda dari tetap berada dalam sistem anggaran? Kategori apa yang dapat membuat Anda ‘teringat’ untuk membuat rencana yang lebih baik dan lebih bertanggung jawab pada keuangan? Sisihkan waktu tertentu untuk mengukurnya dan memastikan Anda tidak melebihi batas anggaran.

Dengan mengetahui banyaknya mengenai keuangan dan pengelolaan uang, hal tersebut dapat membantu menciptakan masa depan Anda yang bebas dari hutang. Jadi tanamkanlah dalam diri Anda untuk menghindari kepuasan instan belaka. Gunakan waktu Anda dengan mendapatkan tips dan saran dari orang-orang yang berpengalaman dalam hal finansial. Anda bahkan dapat menyewa seorang ahli akuntan atau penasihat keuangan jika Anda merasa sulit untuk melakukannya sendiri. Dalam hal keuangan pada akhirnya, semakin Anda tahu tentang keuangan, semakin baik pula Anda mengelolanya.

Sumber : Lifehack.org/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami