Alasan Tuhan Yesus Memilih Petrus Sebagai Salah Satu Muridnya
Kalangan Sendiri

Alasan Tuhan Yesus Memilih Petrus Sebagai Salah Satu Muridnya

daniel.tanamal Official Writer
      37510

Lukas 5:10b
"Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia."
Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 139; 2 Korintus 12; 2 Samuel 5-6
Pertimbangan Tuhan Yesus memilih murid-muridNya ternyata bukanlah sembarangan. Salah satunya adalah saat Tuhan memilih Petrus. Tuhan Yesus memilih Petrus bukan karena ia tampan, cerdas dan punya kedudukan, melainkan karena ia memiliki karakter hidup yang luar biasa. Meski hanya berprofesi sebagai seorang nelayan atau penjala ikan, di dalam diri Petrus tersimpan potensi yang besar.

Apa saja kualitas yang ada di dalam diri Petrus, sehingga Tuhan memilih dan memanggilnya untuk menjadi alat kemuliaanNya? Pertama, Petrus adalah orang yang taat. Telah sepanjang malam mengarungi danau Genesaret Petrus tidak mendapatkan ikan sama sekali. Namun ketika Tuhan Yesus menyuruhnya untuk menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai, Petrus taat melakukan apa yang diperintahkan Tuhan Yesus kepadanya, padahal ia punya alasan yang kuat untuk menolak perintah Tuhan itu sebab ia adalah seorang nelayan yang sudah sarat pengalaman. Pada saat Petrus taat, dia menangkap begitu banyak ikan sehingga jalanya terkoyak.

Kedua Petrus adalah orang yang rendah hati. Darimana kita tahu bahwa Petrus punya kerendahan hati? Ayat 8 menyatakan:  "...iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: 'Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.'" Pengakuan yang jujur dari Petrus yang mengatakan bahwa dirinya seorang berdosa menyiratkan bahwa ia orang yang rendah hati; ia menyadari siapa dirinya, orang yang tidak layak di hadapan Tuhan.

Tidak mudah bagi seseorang untuk tersungkur di bawah kaki orang lain kecuali dia punya kerendahan hati. Petrus merendahkan dirinya di hadapan Yesus karena ia tahu siapa yang ada di hadapannya. Itulah sebabnya ia yang tadinya memanggil Yesus dengan sebutan 'Guru' kini memanggilNya 'Tuhan'. Satu bentuk pengagungan dan penghormatan yang ia tujukan kepada Yesus. Selain itu, kata 'tersungkur di depan Yesus' menunjukkan bahwa petrus sedang menyembah dan memuji Tuhan!

Punya ketaatan, kerendahan hati dan senantiasa mengagungkan Tuhan adalah sikap yang diperlukan bagi seorang penjala manusia, dan itu ada pada Petrus!


Ikuti Kami