Belasan Warga Kristen Irak Minta Dipulangkan Dari Ceko, Mengapa?
Sumber: Jawaban.com

Internasional / 11 May 2016

Kalangan Sendiri

Belasan Warga Kristen Irak Minta Dipulangkan Dari Ceko, Mengapa?

daniel.tanamal Official Writer
3137

Belasan warga Kristen Irak yang berada di Ceko, Selasa (19/4/2016), minta dipulangkan ke negaranya setelah dipastikan gagal pindah ke Jerman. Hal ini membuat Menteri Dalam Negeri Ceko, Milan Chovanec tak habis pikir, karena sebagai orang yang melarikan diri dari perang mendapatkan negara yang mau menampung seharusnya bisa membuat mereka bersyukur.

"Mereka mungkin menyadari mereka harus tinggal di Ceko dan nyaris tak mungkin pindah ke negara lain. Jika saya kabur dari negara yang dikoyak perang, saya akan bersyukur jika ada negara mana saja yang menawarkan bantuan kepada saya dan saya tak akan berpikir dua kali untuk menerima bantuan itu," kata Chovanec terhadap keinginan 16 pengungsi itu.

Para pengungsi Irak, yang kini tinggal di pusat penampungan di desa Zastavka, wilayah timur Ceko, ditahan di perbatasan Jerman pada pertengahan pekan lalu. Kelompok ini masuk ke negara anggota Uni Eropa di bawah program pemerintah untuk merelokasi 130 keluarga Kristen Irak dari wilayah Kurdistan dan 23 pengungsi Irak dari Lebanon.

Namun awal bulan ini pemerintah Ceko membatakkan program yang dikordinir oleh lembaga amal Generace 21 setelah sebagian besar dari pengungsi itu lebih memilih Jerman sebagai tempat tinggal mereka. "Sangat tidak mungkin mendukung sebuah program yang tidak akan bisa mencapai tujuannya. Pemerintah Ceko dalam hal ini tidak bersedia berperan sebagai agen perjalanan," tambah Chovanec.


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami