7 Macam Makanan Sehat Berpotensi Kembangkan Kemampuan Kognitif Anda
Sumber: www.merdeka.com

Health / 11 May 2016

Kalangan Sendiri

7 Macam Makanan Sehat Berpotensi Kembangkan Kemampuan Kognitif Anda

Mega Permata Official Writer
6352

Dalam mengembangkan fungsi otak menjadi lebih 'tajam' Lagi membutuhkan sedikit pemicunya. Beberapa menyebutkan dengan memainkan permainan yang menuntuk seseorang untuk berpikir dipercaya meningkatkan fungsi otak atau kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif sendiri seperti halnya dengan intelegensi Saat ini dizaman yang serba modern, banyak radikal bebas atau stres oksidatif di dalam tubuh menjadi pemicu terbesar dalam menurunnya kemampuan kognitif seseorang

Namun sekarang ini ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan intelegesi atau kecerdasan, kemampuan kognitif seseorang. Berikut  tujuh makanan pemicu kemampuan kognitif;

1  Buah Bit

Studi yang dirilis West Lake University menemukan, buah penghasil nitrat alami ini sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan aliran darah ke otak sehingga bagus meningkatkan kinerja mental. Penelitian di Translational Science Center pun berpendapat sama. Berdasarkan data, buah ini baik dikonsumsi lansia untuk mencegah demensia.

2. Telur

Kuning telur adalah sumber utama kolin, neurotransmiter yang berperan penting dalam memicu kinerja memori jangka pendek. Konsumsilah 300 mg telur setiap hari, sesuai dengan aturan Dietary Guidelines for Americans (DGA) . 

3 Bayam

Berdasarkan penelitian yang dirilis Tufts University, bayam mengandung lutein antioksidan, yang membantu mengurangi risiko fungsi kognitif. Penelitian lain menemukan otak yang mengandung lutein memiliki kemampuan lebih baik dalam belajar. Masih berdasarkan penelitian, Harvard Medical School juga merilis studi bahwa perempuan yang lebih sering mengonsumsi makanan berdaun hijau, seperti brokoli memiliki fase penurunan kognitif yang lebih lambat.

4 Tuna

Tuna mengandung asam docosahexaenoic (DHA), sejenis lemak omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan dan fungsi otak, serta membantu penundaan proses penuaan otak. Bagi ibu hamil, makanan laut membantu perkembangan otak anak dan meingkatkan intelejensia. Penelitian menemukan, wanita usia subur yang mengonsumsi 2-3 porsi ikan per minggu memiliki anak dengan IQ lebih tinggi 2,6 poin dibanding anak lainnya.

5 Beri

Beri mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan memori dan mempercepat proses belajar. Beri dipercaya dapat mencegah alzheimer dan demensia. 

6 Jus anggur Concord

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, efek kesehatan kognitif yang terkait dengan anggur Concord berhubungan dengan peningkatan fungsi kognitif.

Demikianlah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anda. Kemampuan kognitif juga penting dibangun sejak dini atau bisa anda sajikan untuk anak-anak anda. Selain didukung dengan permainan asupan makanan juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anda. Silahkan mencoba.

Sumber : metrotvnews.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami