Belum Dapat Kerja? Coba Lakukan 7 Hal ini..
Sumber: entrepreneur.com

Finance / 28 April 2016

Kalangan Sendiri

Belum Dapat Kerja? Coba Lakukan 7 Hal ini..

Puji Astuti Official Writer
3529

Apakah Anda saat ini masih belum dapat kerja dan masih berburu ke segala penjuru untuk mendapatkan pekerjaan impian yang akan memberi Anda penghasilan besar seperti yang Anda inginkan? 

Ada banyak pengangguran di Indonesia ini bahkan di dunia, ada sebagian dari mereka yang hanya duduk-duduk di pinggir jalan sambil mengeluh sulitnya dapat pekerjaan, ataupun jika ada tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka dan gajinya kecil. Namun pekerjaan impian itu tidak datang begitu saja, bahkan pekerjaan bergaji kecil dan cukup umum seperti kasir atau buruh pabrik saja saat ini harus diraih dengan kerja keras, harus memenuhi kualifikasi yang ditetapkan perusahaan dan harus berjuang menghadapi ratusan bahkan mungkin ribuan saingan.

Jika Anda iri melihat mereka yang saat ini duduk di kursi manajemen dan menjadi pemimpin perusahaan, percayalah bahwa jabatan mereka tidak jatuh dari langit begitu saja. Banyak dari mereka mulai dari nol, dari posisi bawah yang kadang kita tidak bisa percaya bagaimana mereka bisa mendaki tangga karir begitu tinggi. Mereka yang sukses saat ini adalah upah dari kerja keras mereka. 

Steve Tobak seorang kolumnis, dan mantan senior eksekutif di sebuah perusahaan high-teck menuliskan di Entrepreneur.com bahwa dirinya memulai karir sebagai seorang kurir, cleaning service, tukang potong rumput, babysitter, kasir di bank dan masih banyak lagi pekerjaan yang hanya memberikan gaji minimum, ia lakukan semua itu sambil mengejar gelar sarjananya, dan saat itu situasi ekonomi sedang mengalami krisis. Ia memberikan saran yang dapat dilakukan saat belum mendapatkan pekerjaan, semuanya ini pernah ia lakukan. Jadi ia tidak hanya memberi sebuah teori, namun sesuatu yang sudah pernah ia aplikasikan dalam hidupnya dan itu membentuknya menjadi sosok pemimpin seperti saat ini. 

1. Jadilah rendah hati

"Tunjukkan pada saya seorang eksekutif atau pemimpin sebuah perusahaan yang sukses, maka saya akan tunjukkan kepada Anda seorang yang pernah mengerjakan pekerjaan rendahan yang sepertinya tidak berarti. Semua itu adalah pengalaman yang membuat seseorang rendah hati, tapi tahukah Anda? Hal itu membangun karakter, etik kerja dan keuletan."

Baca juga : 4 Kriteria Rendah Hati

2. Belajarlah menulis

"Saya terkejut dengan menurunnya ketrampilan menulis di budaya kita saat ini. Anak kelas enam SD masih lebih baik dalam menulis daripada banyak orang dewasa saat ini. Ijinkan saya memberitahu Anda sesuatu. Saya tidak akan memberikan pekerjaan yang layak untuk seseorang yang tidak bisa menulis surat lamarannya sendiri. Adapun status sosial media dan komentar, semua itu saat ini mudah dicari. Jika hal itu tidak menggambarkan siapa diri Anda, jangan lakukan."

3.Ambillah resiko

"Saya baru-baru ini menulis tentang seorang pengusaha yang menemukan perangkap untuk hama serangga tanpa membunuh serangga yang bermanfaat untuk lingkungan. Hal ini ia temukan sebelum gerakan ramah lingkungan beberapa tahun sebelumnya, namun dia tetap fokus pada penemuannya, dan kini mereka RESCUE! produsen perangkap ini telah dikenal di seluruh dunia." 

Baca juga : Mengambil Resiko Melangkah Dalam Iman

4.Bergerak

"Kebanyakan, jika bukan hampir semua, mereka yang menghubungi saya karena mereka sepertinya tidak bisa menemukan pekerjaan dimana mereka tinggal. Hal ini tidak masuk akan. Saya selalu pergi ke tempat yang ada pekerjaan. Saya bahkan pulang pergi jaraknya hampir setengah dari negara bagian setiap minggunya selama lebih dari satu tahun untuk bekerja. Pergilah dimana ada pekerjaan. Titik." 

5. Jangan buat sesuatu mudah bagi diri sendiri

"Hal yang terbaik tentang perasaan Anda yang buruk karena Anda membenci pekerjaan dan situasi Anda adalah karena Anda membencinya. Hal itu akan memotivasi Anda melakukan apapun untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik... dan Anda pasti mendapatkannya. Jaring pengaman dan zona aman adalah pembunuh motivasi." 

6. Kembali belajar

"Jika saya katakan kebanyakan Anda punya gelar yang tidak berguna, saya bukannya menjadi tukang kritik. Gelar sarjana saya dibidang fisika tidak berguna, juga.. hingga saya menggunakannya untuk mendapatkan gelar master dalam bidang tehnik elektro sebelum populernya semikonduktar ditahun 80an. Jadi tolonglah diri Anda sendiri, lakukan sedikit riset tentang industri dan karir yang saat ini sedang trend. Cari sesuatu yang menarik bagi Anda dan pelajarilah." 

7.  Pelajari teknologi 

"Saya sudah memberitahu orang-orang untuk terjun dalam industri teknologi pada beberapa dekade lalu. Sekarang ini perangkat lunak sudah menguasai dunia dan teknologi sudah menggantikan industri kuno seperti pengiriman makanan dan taksi. Hal ini jelas pernah menyelamatkan diri saya  dan kini  permintaannya semakin besar saja." 

"Saya percaya masih banyak ide yang bisa Anda lakukan, namun bukan itu intinya. Inti dari saran saya di atas adalah saya sudah mencoba semua saran di atas, saat belum ada internet dan belum ada blog. Saya menemukannya dan melakukannya. Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Gunakan kepala Anda. Tetapi apapun yang Anda lakukan, jangan menjadi korban. Pemalas mendapatkan apa yang layak ia terima. Yaitu tidak menerima apapun."

Inspiratif bukan? Jadi jangan patah semangat jika Anda belum bekerja atau pun belum menemukan pekerjaan impian Anda. Percayalah selama Anda bekerja keras, kreatif dan pantang menyerah, bersama dengan Tuhan hal itu bisa tercapai. 

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami