10 Fakta Terbaru Pentingnya Makan 3 Buah Pisang Setiap Hari
Sumber: www.asiantraders.co.in

Health / 26 April 2016

Kalangan Sendiri

10 Fakta Terbaru Pentingnya Makan 3 Buah Pisang Setiap Hari

Lori Official Writer
7236
Pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain dikonsumsi secara langsung, pisang juga bisa diolah menjadi menu makanan yang menyegarkan dan lezat, seperti menjadi jus smoothie, pisang bakar atau campuran kolak.
Namun sayangnya, meskipun harga buah ini terbilang murah dan mudah didapatkan, banyak masyarakat yang justru tidak mengkonsumsinya secara teratur. Padahal sebuah penelitian baru-baru ini, seperti dilansir dari Boldsky.com, membuktikan fakta penting bahwa memakan 3 buah pisang per hari memiliki 10 manfaat penting bagi kesehatan:

1. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa makan tiga buah pisang sehari dapat menurunkan tekanan darah anda secara signifikan. Sebuah pisang berukuran sedang memiliki sekitar 422 mg kalium dan hampir bebas sodium. Rasio perbandingan antara kalium dan sodium yang tinggi membantu menetralkan efek tekanan darah yang meningkat akibat kandungan natrium dalam makanan.

2. Dapat melancarkan proses pencernaan

Manfaat buah pisang berikut ini telah sangat dikenal secara luas. Buah pisang mengandung serat, baik larut maupun tidak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena membantu mengatur kecepatan pencernaan, memperlambat turunnya makanan. Makan pisang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama dan juga dapat membantu masalah sembelit.

Tidak heran jika buah pisang sering dimasukkan dalam sarapan pagi. Mereka membantu memulai hari anda dengan energi dan membuat anda kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi makanan tinggi serat adalah baik untuk jantung, dan buah pisang penuh dengan serat. Diet tinggi serat telah dihubungkan dengan rendahnya risiko baik penyakit kardiovaskular maupun penyakit jantung koroner. Serat larut dalam pisang, khususnya, terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Diet yang seimbang dan sehat akan memberikan vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh – tambahkan satu atau dua buah pisang untuk tambahan 4 gram serat per buah.

4. Membantu membangun sel-sel sehat

Pisang kaya akan vitamin B6, dimana mengkonsumsi satu buah pisang cukup untuk memenuhi 20 persen dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh orang dewasa. Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan asam amino nonesensial yang diperlukan untuk membuat sel-sel yang sehat. Ini juga membantu dalam memproduksi antibodi yang melawan infeksi.

5. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Salah satu manfaat buah pisang yang sangat penting adalah menjaga kesehatan pencernaan. Buah pisang adalah makanan yang mudah dicerna, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Tidak hanya itu saja, pisang juga dapat melancarkan dan menyegarkan pencernaan, selain dapat membantu mengembalikan mineral yang hilang akibat diare. Oleh karenanya pisang menjadi salah satu makanan keras pertama yang diperkenalkan pada bayi.

6. Sebagai sumber vitamin C

Ketika anda berpikir vitamin C, jeruk dan stroberi mungkin buah pertama yang datang melintas ke pikiran anda. Tapi satu buah pisang menyediakan 15 persen dari kebutuhan harian untuk nutrisi penting ini. Vitamin C adalah antioksidan penting yang menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas adalah atom, molekul atau ion tidak bermuatan, yang terus menghancurkan sel-sel dalam tubuh anda. Vitamin C juga membantu dalam menjaga pembuluh darah tetap sehat dan menghasilkan kolagen yang merekatkan otot, tulang dan jaringan lain bersama-sama.

7. Meningkatkan performa dan stamina atlet

Manfaat buah pisang berikut ini mungkin belum anda ketahui. Jika anda pernah bertanya-tanya mengapa banyak atlet menyukai buah pisang, inilah alasannya: Pisang meningkatkan kerja otot dan menyediakan antioksidan dan nutrisi lainnya secara alami. Menurut sebuah studi di Appalachian State University’s Human Performance Lab, memakan setengah buah pisang setiap 15 menit selama time trial test bersepeda sama efektifnya dengan minum minuman berenergi setiap 15 menit. Tidak heran jika Yohan Blake, sprinter Olimpiade Jamaika, dilaporkan makan 16 pisang sehari!

8. Mampu mengatasi anemia

Karena buah pisang tinggi zat besi, mengkonsumsinya dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu melawan anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana terjadi penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, yang menyebabkan kelelahan, pucat dan sesak napas. Selain itu, Vitamin B6 hadir yang terdapat dalam buah pisang mengontrol tingkat glukosa darah, yang juga dapat membantu mereka yang menderita anemia.

9. Mampu menekan rasa lapar

Bagi para pelaku diet manfaat pisang berikut ini mungkin telah akrab di telinga. Hal ini terjadi bukan hanya karena memakan buah pisang membuat anda merasa kenyang lebih lama, namun juga karena aroma mereka menyenangkan. Hal ini benar, aroma pisang ternyata dapat menekan nafsu makan dan rasa lapar! Menurut penelitian Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment Research Foundation di Chicago, mencium aroma pisang ketika anda sedang lapar dapat menipu otak anda sehingga otak anda berpikir bahwa anda sudah benar-benar memakannya.

10. Mampu meningkatkan suasana hati dan membantu anda merasa senang

Manfaat buah pisang lainnya yang cukup mengejutkan adalah pisang dapat meningkatkan suasana hati anda. Bagaimana bisa? Sebuah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 27 mg magnesium. Mineral ini dapat membantu meningkatkan mood anda dan membantu mendapatkan tidur malam yang baik. Pria dan wanita membutuhkan masing-masing 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Jika anda mengalami rendah magnesium, anda mungkin menderita kecemasan, iritabilitas, depresi dan gangguan lainnya.

Karena banyak dari kita tidak mendapatkan cukup magnesium dalam makanan sehari-hari, pertimbangkan untuk mengkonsumsi buah pisang dalam diet anda. Ini akan mengenyangkan dan membuat anda merasa positif.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami