5 Hal Ini Akan Buat Anda Lebih Bahagia Saat Mengejar Kesuksesan
Sumber: Simplereminders.com

Finance / 21 April 2016

Kalangan Sendiri

5 Hal Ini Akan Buat Anda Lebih Bahagia Saat Mengejar Kesuksesan

Puji Astuti Official Writer
4877

Sukses itu penting, namun ada yang lebih penting lagi saat Anda berhasil mencapainya, yaitu kebahagiaan. Ada banyak orang yang berhasil mencapai kesuksesan dalam karirnya, namun ia merasa tidak bahagia bahkan merasakan kesedihan dan rasa kosong dalam hatinya. Bahkan lebih lagi, kita harus bisa merasakan kebahagiaan bukan hanya saat berhasil mencapai kesuksesan, namun juga saat dalam perjalanan menuju kesana. Bagaimana caranya?

Temukan sumber kebahagiaan sejati!

Kita bisa bahagia karena apa yang kita miliki, apa yang terjadi dan faktor eksternal lainnya seperti perhatian dari orang-orang yang kita kasihi dan lain sebagainya, namun semua itu hanya sementara. Sewaktu kita mendapatkan mobil yang kita inginkan, kita bahagia mungkin selama satu atau dua bulan, namun sesudah itu hal itu menjadi biasa bagi kita. Demikian juga saat mendapat promosi atau menemukan pasangan hidup kita. 

Lalu bagaimana kita menemukan kebahagian dan sukacita yang tidak pudar karena situasi dan kondisi? 

Carilah kebahagiaanmu pada TUHAN, Ia akan memuaskan keinginan hatimu. ~ Mazmur 37:4 (BIS)

1. Langkah pertama adalah mencari Tuhan, kenallah pribadi-Nya

Luangkan waktu untuk mendengarkan suara-Nya melalui waktu-waktu doa Anda dan juga membaca Firman Tuhan. Banyak orang yang sukses telah membuktikan bahwa meluangkan waktu khusus untuk bermeditasi memberikan dampak yang sangat besar dalam hidup mereka. Yesus sendiri meluangkan waktu-Nya untuk menyendiri bersama Bapa Sorgawi sebelum Ia sibuk melayani dan mengajar murid-murid-Nya. 

Meluangkan waktu untuk Tuhan di pagi hari setiap harinya adalah seperti Anda sedang mengisi baterai kehidupan Anda, sebelum akhirnya seharian harus beraktifitas. Mengetahui apa yang Tuhan pikirkan, apa yang Dia mau dan berjalan bersama Dia setiap hari akan membuat Anda merasakan kebahagiaan yang tidak dikuasai oleh situasi dan kondisi ini. 

2. Tidak fokus kepada uang

Uang adalah upah saat Anda membuktikan bahwa Anda ahli dalam bidang Anda, bisa dipercaya dan memberi dampak bagi perusahaan ataupun klien Anda. Hal itu datang dengan sendirinya saat Anda memiliki kualitas. Jangan jadikan uang sebagai tujuan, karena hal tersebut tidak dapat memberikan kebahagiaan kepada kita. 

Fokuslah pada mengembangkan diri Anda dan memberi dampak dimana Anda bekerja, baik kepada perusahaan, rekan kerja dan juga klien Anda. Pencapaian tersebut akan lebih membahagiakan daripada sekedar menghasilkan uang. 

3. Bangun hubungan yang dekat dan persahabatan

Tahukah Anda bahwa perintah utama dari Tuhan adalah membangun hubungan? Ya, sebab Yesus berkata : "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri." (Matius 22:37-39). 

Jika langkah pertama di atas adalah menggenapi perintah Tuhan yang pertama, yaitu mengasihi Tuhan, maka langkah ketiga ini adalah yang kedua, yaitu mengasihi sesama seperti kita mengasihi diri sendiri. 

Memiliki uang itu bagus, memiliki karir yang sukses itu sangat baik, namun jika Anda tidak memiliki teman dekat dan hubungan dengan anggota keluarga Anda buruk, maka uang dan karir tidak akan membuat Anda bahagia. Hubungan yang baik dengan sesama akan membuat pencapaian Anda akan lebih bermakna. Untuk itu jangan mengabaikan hubungan baik dengan sahabat-sahabat Anda maupun dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya hanya karena kesibukan pekerjaan. 

4. Berpetualang

Berpetualang bukan hanya tentang pergi mengunjungi berbagai tempat, namun tentang mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman kita. Jika kita tidak pernah berani keluar dari zona nyaman, maka kita tidak akan pernah bertumbuh dan berkembang mencapai kemaksimalan yang  Tuhan telah rancangkan bagi kita. 

Menghadapi tantangan, mengambil resiko dan berada dalam tekanan dalam kadar yang sehat akan membantu kita bertumbuh. Anda tidak bisa merasakan kebahagiaan saat kehidupan Anda menghadapi stagnasi. Bangunlah kehidupan yang penuh petualangan, beranilah menantang diri Anda sendiri untuk memperluas kapasitas diri. Buatlah target, lakukan langkah-langkah kecil namun mengarah kepada gambaran besar yang Anda miliki. Hal ini akan membuat hidup Anda lebih seru dan bermakna. 

5. Memberi kembali

Memberi kembali bukan hanya bicara tentang uang, tetapi juga tentang memberikan waktu dan pikiran Anda bagi masyarakat. Menjadi sukarelawan bagi kegiatan sosial, menyentuh kehidupan orang-orang yang kurang beruntung dan berbagi hidup untuk menolong mereka berdiri dengan kaki mereka sendiri akan memberikan kebahagiaan yang tidak dapat diukur dengan materi. 

Kesulitan dan juga kesukaran hidup bukanlah alasan untuk kita tidak berbahagia. Jika lima hal diatas menjadi bagian hidup Anda, percayalah dalam situasi seperti apapun Anda akan bisa melihat sesuatu yang indah dan menemukan sebuah alasan untuk berbahagia. 

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami