Jangan Cemas Menghadapi Rotasi Pekerjaan, Simak 6 Tips Super Ini
Sumber: http://cosmopolitan.co.id

Career / 6 April 2016

Kalangan Sendiri

Jangan Cemas Menghadapi Rotasi Pekerjaan, Simak 6 Tips Super Ini

Mega Permata Official Writer
7276

Rotasi pekerjaan atau job rotation yaitu pertukaran pekerja atau karyawan dari satu posisi pekerjaan ke posisi pekerjaan lain dalam satu unit kerja pada suatu perusahaan. Dimana rotasi pekerjaan merupakan suatu sistem pengembangan sumber daya manusia.

Memang untuk para pekerja yang sudah cukup lama meniti karir, rotasi pekerjaan atau rotasi karyawan ini menimbulkan ketakutan tersendiri. Betapa tidak, karyawan yang terkena rotasi harus beradaptasi dan banyak belajar di tempat barunya. Nah, jika anda salah satunya, berikut tips yang membantu anda menghadapi rotasi tersebut.

Pertama,  Cari Informasi Tentang Posisi Tersebut

Sudah saatnya anda memperhatikan lingkungan kerja anda dan sebaiknya anda juga sudah mengenali posisi-posisi lain dengan mencari informasi-informasi di luar sana atau dari internet. Pelajari pengetahuan-pengetahuan dasar yang harus anda miliki untuk menyelesaikan pekerjaan di bidang-bidang tertentu. Cara ini akan memberi anda gambaran tentang pekerjaan baru anda nantinya.

Kedua,  Diskusi Dengan Rekan Kerja

Cobalah diskusikan dengan rekan kerja yang sudah berpengalaman. Hal ini akan memberi anda lebih banyak pelajaran dari pengalaman mereka. Bagi mereka yang sudah berpengalaman di dunia kerja, mereka menganggap bahwa rotasi karyawan itu hal yang biasa. Tidak perlu khawatir karena setiap perusahaan memiliki tujuan positif mengapa harus dilakukan rotasi karyawan.

Ketiga,  Meningkatkan Produktivitas

Anda harus memanfaatkan momen-momen yang tersisa di posisi saat ini untuk meningkatkan produktivitas kerja.  Seperti datang lebih awal, bekerja dengan baik, menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan tinggalkan kesan terbaik anda di posisi saat ini. Dengan bekerja lebih giat, anda memacu semangat untuk selalu terbuka menerima perubahan.

Keempat,  Mengembangkan Potensi

Setiap orang memiliki potensi terpendam di dalam diri yang tidak tumbuh karena tidak pernah digunakan. Jadi, rotasi karyawan memungkinkan anda untuk mengembangkan potensi lain yang ada di dalam diri anda.

Menurut Abraham Maslow,menyatakan bahwa aktualisasi diri yang diperoleh setelah mengembangkan potensi diri adalah ekpresi tertinggi kehidupan manusia. Jika berhasil meengembangkan potensi diri di tempat kerja, anda akan menjadi karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja.  

Kelima,  Keluar Dari Zona Aman

Rotasi karyawan sangat memungkinkan anda untuk melampaui limit (beyond your limit). Anda akan terbiasa memacu diri melampaui batas. Keterbiasaan ini lebih mudah dari yang anda bayangkan. Lakukanlah, ambil langkah menuju perubahan dan perbaikan diri dengan keluar dari zona nyaman.

Keenam,  Tetap Positive Thinking dan Percaya Diri

Kunci utama saat menghadapi rotasi adalah memiliki pikiran positif. Jika anda sudah berpikiran positif, apa pun yang terjadi tentu tidak akan berpengaruh terhadap diri dan pekerjaan anda. Anda akan selalu memetik hal yang dapat dipelajari. Selain itu anda harus tetap semangat dan percaya diri dengan kemampuan dan keterampilan kerja yang anda miliki. Pasti ada hal yang bisa anda lakukan di posisi baru dengan ketrampilan yang telah anda miliki saat ini.

Sebelumnya juga anda bersyukur anda masih dipercaya oleh atasan dan diberi kesempatan di posisi kerjaan anda. Semua karyawan dan pekerja dituntut bertanggungjawab dan berani mengambil resiko. Bagaimana pun, rotasi ini dilaksanakan bukan hanya demi perusahaan tetapi juga untuk meningkatkan profesionalitas karir anda. 

Sumber : DuniaKaryawan/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami