5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Paskah Bareng Keluarga
Sumber: Chipsrestaurants.com

Single / 25 March 2016

Kalangan Sendiri

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Paskah Bareng Keluarga

Lori Official Writer
4040

Paskah merupakan momen yang paling penting bagi umat Kristiani setelah Natal. Saat perayaan Paskah setiap tahunnya, berbagai acara akan digelar, ada berupa tradisi berbagi telur paskah, kumpul bareng keluarga dan bersilaturahmi dengan sanak saudara. Keseruan-keseruan tentu saja sayang sekali dilewatkan tanpa keluarga tercinta, apalagi bila kamu masih muda dan hidup sendiri. Menghabiskan momen paskah bersama keluarga pasti akan menjadi hal menyenangkan di liburan paskah ini.

Lalu apa hal yang harus kamu lakukan supaya acara paskah bareng keluarga besar dapat berjalan dengan baik dan membawa sukacita terutama untuk dirimu sendiri?

1. Siapkan diri (jasmani dan rohani)

Maksudnya, jangan menetapkan harapan berlebihan terhadap keluarga besarmu sendiri. Nenek mungkin masih hobi mengkritik cara berpakaian kamu. Tante mungkin masih super cerewet seperti biasanya. Linda, sepupu kamu mungkin masih tidak suka tersenyum seperti biasanya. Jika kamu menyadari dan menerima realitas itu, kamu akan lebih santai dan menikmatinya tanpa perlu takut tersinggung atau sejenisnya.

2. Kontrol emosi dan reaksi

Jangan mudah bereaksi dengan beragam karakter keluarga yang masih belum berubah. Tetapi, mulailah mengubah diri kamu sendiri terlebih dahulu. Supaya mereka bisa melihat bahwa kamu tidak lagi sama seperti apa yang mereka kenal, khususnya ketika kamu datang untuk mengabarkan kabar sukacita tentang kemenangan yang sudah kamu terima dari Yesus. Jika dulu kamu pernah bertengkar dengan oom Sandi karena berbeda pendapat, maka kali ini, mengalahlah jika anda bertemu dia lagi.

3. Waktunya semakin mengenal keluarga kamu lebih dalam

Satu orang percaya dalam keluarga akan menyelamatkan sebuah keluarga. Ya, aku percaya bahwa itu akan terjadi. Untuk itulah penting sekali bagi kamu yang masih diberi kesempatan untuk bertemu seluruh keluarga harus ambil bagian semakin mengenal seluk beluk keluarga. Apakah keluarga di masa lalunya sudah hidup dengan benar di dalam Tuhan atau tidak. Jika mereka masih belum tertancap dalam kepada Tuhan, saatnya untuk bertindak dalam doa atau membagikan apa yang sudah kamu ketahui tentang kebenaran.

4. Berusahalah untuk bergaul dengan setiap orang

Hadapi setiap orang dengan senyum dan bagikan pengalaman hidupmu untuk membangun mereka. Jadilah orang yang selalu bicara dan bertindak positif. Kapan lagi bisa jadi panutan untuk seluruh keluarga besar? Selalu ingat bahwa ini adalah momen langka yang patut dikenang dan dinikmati. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok. Karena itu, setiap momen harus dihargai dan digunakan secara maksimal.

5. Tinggalkan kesan baik kepada seluruh keluarga

Sebagai anak muda yang dewasa secara rohani, teladan hidup adalah salah satu hal yang harus tercermin dari diri kamu. Kamu bukan diri kamu yang lama, tetapi sudah jadi pribadi yang baru yang sudah ditebus oleh darah Yesus yang mahal. So, kerjakanlah teladan Yesus dalam hidup kamu, terutama kepada keluarga kamu sendiri. Karena mereka adalah orang-orang terdekat yang harus melihat buah dari perubahan hidup kamu. Jika sebelumnya kamu cuek super luar biasa, sekarang saat berkumpul dengan mereka tunjukkan kepedulianmu. Atau jika kamu adalah pribadi yang jutek dan sensitif, tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang sabar, lemah lembut, dan rendah hati.

Menghadapi keluarga yang memiliki beragam karakter memang sulit. Jangan mengakhiri momen paskah ini dengan perselisihan, padahal kamu sudah tahu bahwa paskah seharusnya menjadi momen yang diisi dengan sukacita.

Sumber : Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami