Membasuh Kaki Pengkhianat
Sumber: Istimewa | Jawaban.com

Kata Alkitab / 24 March 2016

Kalangan Sendiri

Membasuh Kaki Pengkhianat

daniel.tanamal Official Writer
5475

Murid Yesus harus mengikuti dan meneladani Yesus. Jangan mengaku Kristen kalau tidak mau melakukannya, itu artinya hanya Kristen KTP semata.

Apa yang telah Yesus lakukan? Menjelang PenyalibanNya yang "sebentar" lagi, Ia membasuh Kaki semua Murid-muridNya, termasuk "sang murid" pengkhianat Yudas Iskariot.

Yesus memberikan Teladan kepada kita, Yesus adalah Guru dan juga Tuhan, mau merendahkan diriNya untuk melayani, bahkan terhadap Yudas yang akan menghianatiNya, demikianlah kita juga harus berbuat baik dan ramah bukan hanya kepada sahabat dan keluarga kita saja, melainkan juga kepada "musuh-musuh" kita, kepada orang-orang yang menyakiti hati kita dan Kepada orang-orang yang menghianati kita.

Kasih yang harus kita teladani dan ikuti itu adalah Kasih Kristus, bukan yang lain, Patokan dan Standarnya Yesus itu yang paling benar, baik dan sempurna.

Terasa berat bagi kita yang memang mau "hidup bebas" tanpa dikuasai dan dipimpin oleh Roh KudusNya, tetapi bagi kita yang mau Taat dan Setia, kita akan dapat melakukannya melalui Tuntunan dan Pertolongan RohNya.

Hati-hati dengan Jabatan dan Harta Duniawi yang akan dapat membuat engkau Tinggi Hati sehingga tidak mau merendahkan dirimu atas sesamamu, Ingat engkau adalah Pengikut Yesus!

"Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu? 

Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu; "

"sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu" (Yohanes: 13:12-15).

Warmly greetings from Depok City,

Praying for you and your family.


(Penulis adalah Pendeta Freddy E. Situmorang)


Sumber : Pdt Freddy E. Situmorang (diedit seperlunya tanpa mengurangi atau menambah maksud penulisan, oleh Daniel Tanamal - Jawaban.com)
Halaman :
1

Ikuti Kami