Benarkah ada Hubungan Rahasia antara Israel dan Indonesia?
Sumber: historia.id

Internasional / 18 March 2016

Kalangan Sendiri

Benarkah ada Hubungan Rahasia antara Israel dan Indonesia?

daniel.tanamal Official Writer
4579

Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Tzipi Hotovely mengatakan bahwa meski tidak punya hubungan diplomatik, negaranya dan Indonesia menjalin kontak rahasia. Dirinya membeberkan, ada kunjungan rahasia oleh pejabat Israel baru-baru ini ke Indonesia sebagai upaya untuk mengatur kunjungan Menlu Indonesia, Retno LP Marsudi, ke Israel.

Hotovely menyebut kontak diam-diam Israel dan Indonesia itu sebagai “hubungan diplomatik rahasia”. ”Meskipun tidak ada ikatan formal, ada kontak berkelanjutan antara kami dan Indonesia pada berbagai isu,” kata Hotovely dalam pleno Knesset untuk menanggapi pertanyaan tentang laporan pelarangan Menlu Indonesia ke Ramallah oleh Pemerintah Israel.

Soal pelarangan Menlu Indonesia ke Ramallah oleh Pemerintah Israel itu sendiri dibenarkan oleh Hotovely. Menlu Retno sedianya akan ke Ramallah untuk meresmikan Konsulat Kehormatan Indonesia di Palestina. Tapi, helikopter militer Yordania yang membawa Retno dilarang Israel masuk ke wilayah Ramallah. Akhirnya, Retno meresmikan Konsulat Kehormatan Indonesia di Amman, Yordania, bukan di Ramallah. Faktor ketidakpunyaan hubungan diplomatik secara resmilah yang nampaknya membuat Menlu Retno dilarang masuk ke wilayah itu.

Menlu Retno Membantah

Menlu Retno sendiri sebelumnya telah membantah kabar tersebut. Pernyataan yang menyatakan dia mengadakan pertemuan dengan Israel terkait kunjungannya ke kota Ramallah, Palestina, adalah hal yang tidak benar. "Saya bisa tegaskan sekali lagi, bahwa apa yang mereka (Israel) sampaikan tentang pertemuan rahasia itu tak ada," ungkap Retno di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis 17 Maret 2016.

Bahkan Kementerian Luar Negeri, menurut Retno, tak pernah sekalipun melakukan komunikasi dengan pemerintah Israel. "Mereka (Israel) mengatakan berhubungan dengan saya. Kemenlu tidak pernah, garis bawahi, tidak pernah," tegas Retno.

Sejarah hubungan kedua negara memang tidak pernah menjadi resmi dalam konteks hubungan diplomatik. Dahulu di era pemerintahan Gus Dur, wacaba tersebut pernah dikemukakan, meski tak pernah terwujud karena gelombang kritik dan protes yang dilancarkan. Akan tetapi ‘hubungan rahasia’ tetap terjalin, terutama dalam hal perdagangan. Ada beberapa cerita dimana delegasi dagang Indonesia berkunjung ke Israel untuk tujuan bisnis, disamping dengan kunjungan warga Indonesia ke Israel untuk ziarah keagamaan yang jumlahnya sangatlah tinggi sampai-sampai tour guide dan banyak pedagang di Israel fasih berbahasa Indonesia.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami