Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1741


Saat musim hujan, banyak orang yang kemudian terserang flu dan batuk, terutama bagi mereka yang kemudian bekerja di luar rumah. Interaksi dengan orang lain rentan membuat seseorang terjangkit virus dan bakteri penyebab flu dan batuk. Tangan yang tidak bersih menjadi salah satu sumber penyakit. Untuk itu, penting sekali menjaga kebersihan tangan baik setelah beraktivitas ataupun sebelum makan.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan agar tidak mudah terserang flu dan batuk saat musim hujan adalah memenuhi nutrisi tubuh dengan makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut 5 jenis tanaman herbal yang patut dikonsumsi agar tubuh tetap fit selama masa penghujan ini.

1. Basil

Basil adalah jenis tumbuhan yang seringkali tumbuh di sekitar jendela. Petiklah bunga-bunganya yang berwarna putih sebelum mekar. Daunnya bisa digunakan untuk menggosok kulit dan meredakan sakit kepala. Atau gunakan tumbuhan ini sebagai lalapan makan atau teh herbal campuran minuman. Basil mengandung vitamin K, mangan, magnesium, zat besi dan antioksidan flavonoid yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Lemon Balm

Lemon Balm merupakan sebuah tanaman yang bentuknya menyerupai daun mint, namun baunya seperti lemon. Tanaman ini bermanfaat untuk mengatasi nyeri dan sakit kepala. Kandungan tanin didalamnya bermanfaat menangkal virus yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, daun tanaman, daun tanaman ini bisa dikonsumsi dengan menjadikannya campuran pada jus lemon dan madu.
3. Lavender

Lavender adalah salah satu tanaman yang memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Pilihlah bunga lavender dan rasakan manfaatnya baik dengan mencampurkannya ke dalam mandian air hangat atau mencampurkannya ke dalam yoghurt untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Sage

Sage adalah salah satu tanaman yang memiliki fungsi ganda, yaitu dungsi dalam masakan dan juga pengobatan. Daun sage kering juga bisa dijadikan sebagai teh atau pereda sakit tenggorokan. Kandungan minyak atsiri dan zat aktifnya berfungsi sebagai obat antibiotik dan mampu melancarkan buang air kecil. Jika diperlukan, tambahkan sedikit daun sage ke dalam hidangan makanan.

5. Rosemary

Rosemary dikenal bermanfaat untuk menjaga pencernaan, meregangkan otot dan saraf, meredakan sakit kepala, migrain, depresi, kelelahan, serta kecemasan. Kandungannya yang kaya zat besi, kalsium, dan vitamin B6 mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan memori dan membantu sirkulasi darah. Sementara kandungan zat ekspektorannya mampu meringankan batuk dengan mengeluarkan dahak dalam tenggorokan dan mengeluarkannya, sehingga pernapasan bisa kembali normal.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Trivandi Sipahutar 19 November 2017 - 20:54:10

Doa bagi para remaja yang terlibat sex bebas

0 Answer

Blanca Eden 18 November 2017 - 18:47:52

ketika kita mendoakan hubungan kita dengan seseora.. more..

1 Answer

E Taswan 18 November 2017 - 17:10:49

Gimana cara nya keluar dari terlilit nya hutang

0 Answer


Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Banner Mitra Week  3


7335

advertise with us