Patuhi Pemerintah, Jemaat GBI Kalijodo Bongkar Gedung Gereja Sendiri
Sumber: detik.com

Nasional / 22 February 2016

Kalangan Sendiri

Patuhi Pemerintah, Jemaat GBI Kalijodo Bongkar Gedung Gereja Sendiri

Lori Official Writer
4707

Pembongkaran Gedung Gereja Bethel Indonesia (GBI) Kalijodo, Jakarta Utara adalah salah satu dampak dari penertiban kawasan kota yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pasalnya, rumah ibadah ini dibangun di atas tanah milik negara.

Padahal gereja ini telah berdiri selama 48 tahun dan menjadi rumah ibadat bagi sebagian warga Kalijodo yang beragama Kristiani. Jemaat gereja ini berencana membongkar gereja setelah mendapat stiker pengosongan bangunan yang menempel di tembol luar gereja dan mengirimkan surat pernyataan bersedia mematuhi peraturan pemerintah.  

Pendeta gereja Timotius Sutomo mengatakan langkah itu dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat masa pembongkaran dilakukan pada Senin (29/2) mendatang. Karena itu dia dan seluruh jemaat tidak memaksakan diri beribadah pada minggu depan.

“Penertiban rumah ibadah itu tidak ada pernyataan resmi (dari Pemprov). Sebelumnya sudah buat surat untuk diberikan Kebijaksanaan kepada Gubernur untuk jemaat,” ujar Timotius, seperti dilansir Liputan6.com, Minggu (21/1).

Sementara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membenarkan bahwa GBI Kalijodo sudah mengirimkan surat terkait pembongkaran gereja. Ia pun mengapresiasi langkah tersebut karena jemaat gereja ini menyampaikan akan membongkar gedung gerejanya sendiri. Ia menjelaskan, surat ini berisi ungkapan jika jemaat gereja harus taat kepada firman Tuhan, maka harus taat pula kepada aturan pemerintah. Sebab pendirian bangunan gereja di atas lahan milik pemerintah adalah pelanggaran hukum.

“Saya hargai jemaat gereja yang buat surat ke saya, seperti itu, kita hargai. Kita juga hargai sejumlah KK (kepala keluarga) yang sudah mau pindah,” ucap Ahok.

Sepekan sebelum pembongkaran, GBI Kalijodo akhirnya menggelar ibadah terakhir pada Minggu (21/2). Di depan gereja terpampang spanduk bertuliskan, ‘Terima Kasih Masyarakat Kalijodo untuk 48 Tahun Kebersamaan, Tuhan Mengasihi Kita Semua’.

Sumber : Liputan6.com/Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami