Ayah dan Ibu, Aku Cinta Kalian!

Parenting / 10 February 2016

Kalangan Sendiri

Ayah dan Ibu, Aku Cinta Kalian!

Theresia Karo Karo Official Writer
2988

Meski tidak ada orang tua yang sempurna, Anda tetap bisa menjadi orang tua yang sukses. Kesuksesan yang dimaksud di sini bukan diukur dari hadiah mahal atau fasilitas mewah yang diberikan kepada buah hati Anda. Ukuran keberhasilan ini berasal dari saat anak-anak yang menggambarkan orang tuanya saat berbicara dengan seorang teman.

Adakah anak-anak dengan bangga menceritakan bagaimana orang tuanya penuh kasih dan selalu berusaha membahagiakannya? Atau mereka secara langsung mengungkapkan perasaannya mengatakan, ‘Ayah dan Ibu, aku cinta kalian’.

Bila begitu, maka Anda sebagai orang tua bisa dikatakan mendidik anak dengan baik. Selengkapnya, berikut tanda-tanda lainnya yang menunjukkan performa Anda sebagai orang tua yang sukses:

Perlakuan anak ke teman-temannya

Interaksi anak terhadap teman-temannya merupakan salah satu pengukur utama yang menunjukkan performa Anda sebagai orang tua yang baik atau tidak. Ketika anak tidak menemukan kesulitan saat harus bersosialisasi dengan teman-teman sebaya dan memiliki teman akrab, hal ini mencerminkan didikan orang tua kepada anak sebagai bagian dari masyarakat sudah berhasil.

Dia mengenali bakat dan talentanya

Meski akan berubah seiring waktu, pendampingan untuk mengenali bakat dan talenta anak penting untuk hidupnya di masa depan. Saat anak mengetahui bakat yang dimilikinya dan bisa menyalurkannya, hal ini juga menjadi tanda bahwa Anda adalah orang tua yang baik. Oleh sebab itu, terus dukung dan bantu anak untuk mengeksplor bakatnya.

Sikap anak terhadap orang yang lebih tua

Interaksi mereka dengan orang yang lebih tua juga menunjukkan keberhasilan Anda dalam mendidik anak. Karena saat anak memiliki rasa hormat dan sayang pada orang yang lebih tua, berarti Anda telah mengajarkan mereka sopan santun dan tata krama yang baik.

Anak bahagia karena Anda adalah orang tuanya

Kebahagiaan anak menjadi cerminan kesuksesan Anda sebagai orang tua. Hal ini bisa dilihat dari kebahagiaan yang terpancar dari mata dan celotehannya. Terlepas dari itu, bila Anda berharap anak berbahagia, maka jadilah orang tua yang bahagia.

Kesuksesan terbesar sebagai orang tua adalah saat anak bisa menemukan arti hidupnya dan menjadikan Kristus sebagai satu-satunya Juru Selamat. Keluarga merupakan lembaga pertama dan terbaik yang didirikan oleh Tuhan. Oleh sebab itu, orang tua harus berdiri di antara anak mereka dan Tuhan, bukan sebagai dinding pemisah tetapi sebagai penghubung.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Kompas/Jawaban.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami