5 Jenis Sakit Perut dan Gejalanya
Sumber: www.livescience.com

Health / 9 February 2016

Kalangan Sendiri

5 Jenis Sakit Perut dan Gejalanya

Lori Official Writer
5124

Sakit perut dengan sensasi mulas dan serasa terbakar dianggap masih dianggap gejala penyakit yang biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Padahal beragam sakit perut yang terjadi bisa saja berasal dari sumber penyakit yang berbeda, sehingga penanganannya pun tidak mungkin sama. Seperti halnya keluhan saat nyeri menstruasi pada wanita tentu saja tidak akan bisa sembuh dengan mengkonsumsi obat diare atau asam lambung bukan? Nah, dari itu ada baiknya mengetahui beberapa jenis penyakit perut berikut:

1. Batu empedu

Gejala penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri di ulu hati yang kerap hilang dan timbul. Kadang kala, rasa nyeri tersebut bahkan bisa menjalar ke bagian belakang tubuh. Batu empedu itu bisa muncul akibat endapan kolesterol, bilirubin, atau garam kalsium yang terbentuk di kantung empedu dekat saluran empedu.

Cara penyembuhan: Segera periksakan diri ke dokter dengan menjalani pemeriksaan USG abdomen. Jika hasilnya positif batu empedu, sebaiknya lakukan operasi sebelum batu empedu bisa menjadi batu kalsium atau batu non kalsium yang sudah membesar dan mengeras.

2. Tukak Lambung

Nyeri yang timbul disekitar lambung akibat luka atau infeksi pada dinding lambung disebut tukak lambung. Intensitas nyeri bervariasi, mulai dari parah sampai ringan dan kadang merambat hingga ke punggung dan bisa kambuh beberapa hari atau minggu setelah nyeri. Biasanya rasa nyeri ini akan semakin memburuk setelah makan. Rasa sakit menyebar sampai ke leher, pusar dan punggung.

Cara penyembuhan: Tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori bisa ditangani dengan pemberian antibiotik seperti Amoxicillin, metronidazole dan clarithromycin. Atau dengan pemberian obat antasida dan alginate serta menghentikan pola hidup merokok, minum-minuman berkafein, alkohol, dan makanan pedas.

3. Batu Ginjal

Nyeri pada perut kiri atau kanan bawah yang menjalar kebagian alat vital menjadi gejala batu ginjal. Nyeri yang ditimbulkan boleh saja begitu hebat karena saluran kemih merenggang kuat akibat menahan air semi yang tak bisa keluar.

Cara penyembuhan: Mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri bisa menjadi salah satu solusi Pereda rasa sakit. Namun apabila rasa nyerinya sudah tak tertahan lagi, segeralah periksakan diri untuk mendapatkan obat penghilang sara sakit melalui suntikan. Jika batu ginjal terlalu besar dan keras, lakukan operasi yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini.

4. Radang Usus Buntu                                      

Radang usus buntu biasanya akan menyerang bagian bawah perut. Gejalanya bisa disertai dengan demam, mual dan muntah. Kadang kala, rasa nyeri menjadi lebih buruk ketika harus berjalan. Sehingga banyak penderita lebih memilih tidur terbaring saja. Usus buntu ini awalnya disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk ke dalam makanan.

Cara penyembuhan: Jika gejala penyakit ini sudah begitu buruk, operasi adalah solusi terbaik dari hal ini. Jika penangannya terlambat, maka usus buntu bisa pecah dan mengalami infeksi hingga menyebar ke seluruh perut.

5. Kanker Lambung

Kanker lambung biasanya akan menyerang sel-sel pada lapisan dalam lambung yang memproduksi cairan seperti lender. Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa perut kembung dan suka bersendawara, perut terasa mulas, nyeri pada tulang dada, cepat kenyang saat makan, mual, muntah dan sulit menelan makanan.

Cara penyembuhan: Kanker yang semakin berkembang di dalam organ lambung akan semakin sulit ditangani apabila kanker sudah menjalar ke berbagai bagian organ tubuh. Untuk kondisi kanker lambung yang parah dapat dilakukan pengobatan lewat radioterapi dan kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker dan memperkecil ukuran tumor. Apabila kondisi penyakit mendukung untuk menjalani operasi, sel kanker yang ada di bagian lambung akan diangkat. 

Sumber : Alodokter.com/Detik.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami