Film Spotlight Soroti Skandal Gereja Katolik
Sumber: Ew.com

Internasional / 5 February 2016

Kalangan Sendiri

Film Spotlight Soroti Skandal Gereja Katolik

Theresia Karo Karo Official Writer
6745

Meraih enam nominasi Oscar dan termasuk film terbaik tahun ini, 'Spotlight' mengungkap kronologi skandal gereja Katolik. Adaptasi dari kisah nyata ini, tampil berani membuka tembok rahasia atas kasus pelecehan yang terjadi di lembaga terkuat di Boston, yakni gereja Katolik.

Pada kenyataannya, 'Spotlight' sendiri merupakan sebutan untuk tim wartawan investigasi di kantor berita Boston. Menceritakan tentang investigasi yang menguak upaya sistematis gereja Katolik untuk menutupi kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh para pastor. Editor Boston Globe Marty Baron menugaskan tim spotlight untuk menelusuri bukti-bukti yang mana selama 30 tahun pastor-pastor Boston mencabuli anak-anak di enam paroki berbeda pada tahun 2002.

Baron ingin membuktikan bahwa gereja memanipulasi sistem sehingga para pastor yang terlibat tidak perlu menghadapi tuntutan dengan berulang kali memindahkan mereka ke paroki yang berbeda. Film arahan sutradara Tom McCarthy ini secara akurat menggambarkan keberanian tim Spotlight untuk menguak kebenaran.

Perlahan, tembok kerahasiaan itu mulai terbongkar. Tim Spotlight melihat bagaimana gereja menyelesaikan kasus-kasus tersebut secara diam-diam dengan para korban. Belum lagi dokumen-dokumen legal atas kasus para pastor juga hilang dari gedung pengadilan Boston. Dan bukan hanya pihak gereja yang terlibat dalam upaya menutup-nutupi kasus pelecehan ini, termasuk juga tim hukum yang menyelesaikan kasus tersebut.

Hingga akhirnya tim Spotlight mendapati upaya Keuskupan Agung Boston untuk melindungi 70 pastor pedofil sama parahnya dengan pelecehan seksual itu sendiri. Boston yang mayoritas penduduknya beragama Katolik lantas memunculkan pertanyaan sensitif, ‘mengapa kita menutup mata ... fakta bahwa begitu banyak orang tahu secuil teka-teki ini tapi tidak ada yang bertindak untuk menggabungkannya?’

Dan saat semua memilih diam, media berita mengambil peranannya untuk menjawab pertanyaan tadi menyampaikan kebenaran melalui investigasi.

McCarthy mengungkapkan bahwa efek dari investigasi yang dilakukan Spotlight sangat mengejutkan. Saat cerita ini mulai tersebar, kasus serupa muncul dari berbagai belahan dunia. Ribuan kasus pelecehan seksual anak oleh pastor terkuak dan menjadi sorotan internasional.

“Pada akhirnya film ini, bagi saya, adalah tentang iman. Iman yang berbeda-beda, tetapi iman. Saya pikir itu adalah sesuatu yang pada satu saat menjadi pergumulan kita. Dia mengatakan masih banyak yang perlu dilakukan Gereja Katolik agar menjadi sebuah lembaga yang sehat dan transparan,” ujar sutradara yang dibesarkan secara Katolik ini.

Mark Serrano yang merupakan penyintas pelecehan oleh pastor dan advokat bagi para korban juga sependapat. Dia pun berharap agar Paus Fransiskus sebagai pemimpin umat Katolik di seluruh dunia bisa menonton film ini.

“Fransiskus mungkin membicarakan rencana yang baik tetapi Fransiskus perlu bertindak jika dia ingin kita percaya anak-anak aman di dalam gereja Katolik,” ujarnya.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini.

Sumber : Pikiran-rakyat/Voaindonesia.com | Theresia Karo Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami