Menteri ESDM: Listrik Timor Leste Lebih Maju Ketimbang Indonesia
Sumber: Istimewa

Nasional / 21 January 2016

Kalangan Sendiri

Menteri ESDM: Listrik Timor Leste Lebih Maju Ketimbang Indonesia

daniel.tanamal Official Writer
4195

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan bahwa listrik di wilayah Timor Leste lebih maju ketimbang listrik RI.


Hal ini dia lihat ketika mengunjungi wilayah perbatasan Indonesia dengan Timor Leste beberapa hari lalu. "Di NTT juga ada cerita, perbatasan Timor Leste itu Timor Leste listriknya lebih maju dari kita, tapi sebelah Timor Leste yang merupakan negara kita sebagian masih gelap gulita," papar Sudirman di Balai kartini, Kamis (14/1/2016).

Selain NTT, Sudirman mengaku mengunjungi beberapa wilayah terpencil lainnya. Dalam tiga hari, dirinya mendatangi Sorong, Raja Ampat, Morotai, Lombok, Saumlaki hingga Ambon.
Bukan hanya di NTT, ketika mengunjungi pulau paling selatan di Indonesia, Sudirman dibuat miris. Dia mengatakan, pulau yang dihuni 14.000 penduduk itu masih minim listrik. Dari tujuh desa, baru tiga desa yang merasakan aliran listrik. “Itu pun ByarPet,” imbuh Sudirman.

"Empat desa masih gelap, nelayan hanya bisa melaut untuk kebutuhannya sendiri karna tidak punya kapasitas menyimpan, untuk sampai kabupaten harus menempuh boat kira-kira satu jam, ini titiknya paling selatan di Indonesia," tukasnya.


Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami