Tokoh Senior GMIM, Pendeta Wilhelmus Roeroe Tutup Usia
Sumber: manadopostonline.com

Internasional / 31 December 2015

Kalangan Sendiri

Tokoh Senior GMIM, Pendeta Wilhelmus Roeroe Tutup Usia

daniel.tanamal Official Writer
3878


Salah satu tokoh senior Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Pendeta Prof Dr Wilhelmus Absalom Roeroe tutup usia pada Minggu dinihari, 27 Desember 2015 di Rumah Sakit Bethesda Tomohon, Sulawesi Utara. Selama hidupnya, Pendeta Roeroe dikenal sebagai sosok penjunjung tinggi kebersamaan umat dan martabat warga Minahasa.

“Kita betul-betul merasa kehilangan seorang pendeta, pemimpin, pengajar, dan penganjur pluralisme. Saya menyatakan dukacita mendalam. Pendeta Roeroe adalah budayawan Minahasa yang sangat merakyat. Di lingkungan gereja dia adalah seorang Oikumenis,” kata mantan gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Harry Sarundajang, seperti dirilis Beritasatu, Senin (28/12).

Sarundajang mengaku, Sulawesi Utara kehilangan seorang pendeta sekaligus pengajar, budayawan, dan penganjur pluralisme andalan. “Saya harus akui selama kepemimpinan Pendeta Roeroe sebagai ketua Sinode GMIM, sentuhan martabat orang Minahasa sangat kental. Almarhum semasa hidupnya tidak memilah-milah gereja. Semua kalangan dirangkul untuk mewujudkan kebersamaan dalam perbedaan,” katanya.

Pendeta Roeroe yang pernah menjabat ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) periode 1970-1990 dan 1995-2000 adalah figur yang sangat dicintai rakyat Sulawesi Utara, khususnya Minahasa. Sebagai pemimpin gereja terbesar di Minahasa, Pendeta Roeroe sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan antarumat beragama.

Semasa hidupnya, Pendeta Willy Roeroe pernah menjabat ketua Sinode GMIM, periode 1979-1990 dan 1995-2000. Dia juga tercatat sebagai ketua Dewan Gereja-gereja Indonesia dan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (DGI/PGI) selama dua periode, yaitu 1980-1984 dan 1984-1989. Selanjutnya, pada periode 1989-1994 dipercayakan sebagai wakil sekretaris Majelis Pertimbangan Persatuan Gereja Indonesia (PGI).

Sumber : beritasatu
Halaman :
1

Ikuti Kami