Pejabat di Negara Ini Dilarang Kirim Kartu Ucapan Natal
Sumber: Reuters

Internasional / 17 December 2015

Kalangan Sendiri

Pejabat di Negara Ini Dilarang Kirim Kartu Ucapan Natal

Theresia Karo Karo Official Writer
3240

Tahun ini, pejabat di Tanzania tidak akan diijinkan mengirimkan kartu ucapan Natal dan Tahun Baru. Kartu ini biasanya dicetak sendiri oleh pemerintah. Namun karena negara tengah berhemat anggaran, Presiden John Magufuli menggagas aturan baru ini. 

Meski pejabat tidak diperbolehkan menggunakan anggaran pemerintah namun mereka dipersilahkan menggunakan dana pribadi. “Telah melarang pencetakan kartu Natal dan Tahun Baru dengan menggunakan anggaran pemerintah. Siapapun yang ingin mencetak kartu-kartu itu dipersilahkan menggunakan dana pribadi”, tertulis dalam pernyataan resmi yang disampaikan oleh sekretaris utama presiden. 

“Dana yang dihemat dari pembatasan itu akan dipakai untuk membayar hutang kementrian, departemen, dan lembaga pemerintah kepada rakyat dan kreditor lain terkait barang dan jasa yang diterima atau akan diarahkan ke bidang-bidang prioritas.”

Bukan hanya penghematan, akhir November lalu Presiden Magufuli juga inisiatif mengalihkan anggaran sebesar USD 100 ribu. Dana ini tadinya akan digunakan untuk perayaan pembukaan parlemen, namun dialih-fungsikan untuk membeli ranjang pasien di sejumlah rumah sakit di Tanzania. Hal ini dilakukannya setelah melihat beberapa pasien rumah sakit terpaksa tidur di lantai.

Semenjak diambil sumpah sebagai presiden pada 5 November lalu, Presiden Magufuli telah memberlakukan sejumlah langkah penghematan. Termasuk biaya pesta perayaan kemerdekaan negara dan pembatasan perjalanan dinas ke luar negeri.

Pengurangan belanja pemerintah oleh Presiden lantas mengundang pujian dari masyarakatnya di seluruh daerah. Sebab selama ini, rakyat selalu mengeluhkan pejabat yang kerap menyalahgunakan jabatannya di negara miskin tersebut. Reaksi positif ini juga diperkuat dengan popularitasnya yang menjadi topik di kalangan netizen di Afrika Timur, terkait tagar #WhatWouldMagufuliDo

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Liputan6/Standardmedia.co.k
Halaman :
1

Ikuti Kami