Dewasa Muda, Kenali 11 Keterampilan Penting dalam Hidup (Bagian 1)
Sumber: Blog.shi.com

Single / 17 December 2015

Kalangan Sendiri

Dewasa Muda, Kenali 11 Keterampilan Penting dalam Hidup (Bagian 1)

Theresia Karo Karo Official Writer
3343

Bagi Anda yang menginjak usia 20-an atau termasuk dewasa muda, ini adalah saat penting untuk menguasai banyak keterampilan. Bukan berbicara tentang sisi akademis, namun keterampilan dalam hidup. Melansir dari Independent, keterampilan hidup yang dimaksud terdiri dari beberapa hal berikut:

1. Menjadi orang yang jujur

Seringkali saat datang terlambat dalam sebuah acara, kita tergoda untuk menyalahkan kemacetan, cuaca, dan beragam alasan lainnya. Mungkin sekarang kita bisa langsung belajar meminta maaf atas kesalahan yang dating terlambat, tanpa perlu mempertaruhkan integritas. 

2. Bagaimana  menerima kritikan

Meskipun tujuannya baik, kebanyakan dari kita mungkin merasa kurang senang saat dikritik. Padahal untuk bisa berhasil dalam kehidupan, kita harus mampu menerima kritikan dan menanggapi kritik secara positif.  Selain itu, jangan pula kita membenci dan mengabaikan orang yang menunjukkan kesalahan kita. 

3. Memulai percakapan yang menarik

Mungkin kita menganggap remeh keterampilan yang satu ini. Namun saat kita berani membuka percakapan dengan orang yang berada di sebelah,  ada banyak peluang yang terbuka. Kita mungkin saja memiliki teman baru, koneksi bisnis, hingga wawasan baru. 

4. Meminta sesuatu yang diinginkan

Meminta mungkin yang termudah, namun kurang dimanfaatkan untuk meng-upgrade karir. Bila memang kita sudah melakukan yang terbaik dan memberi dampak yang  baik pula bagi perusahaan, maka kesempatan itu bukan sekedar angan. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk promosi, kenaikan gaji dan semacamnya. 

5. Menjaga janji

Ada istilah yang mengatakan bahwa ‘janji adalah utang’. Jadi jangan berjanji bila kita tidak bisa ‘melunasinya’. Terlepas dari bagaimanapun situasinya, kita  harus berusaha sepenuhnya untuk memenuhi janji. Sebab bila kita melanggarnya, orang lain akan kehilangan kepercayaan pada kita. Dan mengembalikan kepercayaan akan sulit untuk diperbaiki.

6. Komunikasi Efektif

Apapun pekerjaan kita saat ini, komunikasi efektif adalah salah satu kunci mencapai kesuksesan. Hal sederhana ini bisa dimulai dari penulisan email atau belajar mempraktekkannya di rapat. 

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.
Sumber : Cnnindonesia/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami