6 Alasan Orang Tua Larang Anaknya Menikah Muda
Sumber: blog.youmeetingme.com

Single / 29 November 2015

Kalangan Sendiri

6 Alasan Orang Tua Larang Anaknya Menikah Muda

Theresia Karo Karo Official Writer
6165

Setiap orang tua tentu ingin anaknya bahagia, termasuk untuk kehidupan pernikahannya kelak. Maka dari itu, mendapat restu orang tua untuk melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius bukan sekedar jawaban iya atau tidak. Apalagi bila anaknya dirasa belum cukup dewasa, mereka akan semakin berat ‘melepas’ anaknya dalam memasuki babak kehidupan yang baru tersebut. Berikut beberapa hal yang menjadi alasan orang tua enggan memberi restu untuk anak-anaknya menikah muda:

a. Sudah terlebih dahulu mengalami ‘pahit manis’ nya pernikahan

Pernikahan adalah proses belajar seumur hidup dalam mengenal pasangan. Karena mereka sudah terlebih dahulu mengalami, orang tua tahu bahwa membina rumah tangga bukan sesuatu yang mudah. Inilah yang menjadi kekhawatiran mereka.

b. Pemikiran anak yang masih labil

Alasan kedua adalah emosi dan pemikiran anaknya yang belum stabil. Mereka mengerti bahwa hal ini akan sangat berpengaruh dalam mengambil keputusan selama menjalani pernikahan.

c. Orang tua ingin anaknya fokus dalam mewujudkan impian

Hal ini bukan berarti setelah menikah kita tidak akan bisa mewujudkan impian. Namun mereka khawatir kalau anaknya belum begitu kuat untuk menangani dua hal ini sekaligus. Orang tua tidak ingin pikiran anaknya menjadi 'bercabang’.

d. Mereka masih ingin menghabiskan waktu dengan anaknya

Orang tua menganggap anaknya masih membutuhkan nasihat dan banyak bimbingan dari mereka. Oleh sebab itu, orang tua  masih belum rela anaknya meninggalkan mereka.

e. Orang tua anggap anaknya masih terlalu egois

Dalam pernikahan, setiap pasangan dituntut untuk menekan ego masing-masing dan mendahulukan kepentingan bersama. Saat orang tua melihat anaknya masih berlaku egois, mereka khawatir bahwa hal ini dapat mengancam kelanggengan rumah tangga anaknya kelak. 

f. Orang tua tidak ingin anaknya ‘asal’ menikah

Karena pernikahan sekali seumur hidup, orang tua tentu tidak ingin anaknya mendapat pasangan yang tidak tepat. Mereka tentu tidak ingin sembarangan dalam menilai orang yang nantinya menjadi teman hidup anaknya.

Inilah sebagian dari alasan orang tua menentang anaknya untuk menikah muda. Meski usia tidak selamanya menjamin ukuran kedewasaan seseorang, namun tidak ada salahnya untuk mendengar pendapat mereka. Bagaimanapun juga, mereka adalah orang yang paling mengenal Anda dan berharap anaknya bisa berbahagia dengan pernikahannya.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Keluarga/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami