Sulit Redakan Tangis Bayi, Coba Dengan Cara Ini!
Sumber: www.picturesbymom.com

Parenting / 26 November 2015

Kalangan Sendiri

Sulit Redakan Tangis Bayi, Coba Dengan Cara Ini!

Lori Official Writer
2304

Memastikan bayi tetap tenang menjadi salah satu hal yang paling menegangkan bagi orang tua atau pengasuh. Menangis adalah cara bayi mengkomunikasikan dan menyampaikan bahwa mereka merasa tidak nyaman atau membutuhkan sesuatu. Saat menangis bayi akan begitu rewel dan sulit sekali menghentikan air matanya.

Untungnya, sebuah penelitian menemukan bahwa bernyanyi adalah cara ampuh yang bisa diterapkan untuk meredakan tangis bayi. Studi yang dilakukan di University of Montreal, Kanada ini menyampaikan bahwa bayi dua kali lebih tenang ketika mendengar nyanyian dibanding dengan kata-kata. Hal ini ditemukan setelah melakukan survei yang melibatkan 30 bayi berusia 6-9 bulan.

Dalam eksperimen pertama, peneliti memainkan suara orang berbicara dan lagu bahasa asing. Eksperimen kedua, peneliti memainkan lagu berbahasa asing. Hasilnya, anak hanya bisa tenang selama 4 menit dengan cara berbicara. Sedang saat bernyanyi, anak bisa lebih tenang selama 9 menit.

Lagu yang biasanya bisa meredakan tangis bayi adalah lagu yang bertempo lambat dengan suara yang lembut. Pasalnya, lagu jenis ini bisa merangsang indera perasa bayi dan membuatnya menjadi lebih tenang.

Para peneliti menyayangkan cara meredakan tangis bayi dengan bernyanyi ini sudah ditinggalkan oleh orang tua Eropa yang lebih banyak mengajak bayi berbicara. Atau mereka lebih memilih menggendong bayi tanpa mengeluarkan suara. Dengan penelitian ini, para ibu diingatkan agar mulai bernyanyi bagi anak-anak mereka saat dalam konsidi rewel. “Temuan ini berbicara tentang pentingnya musik dan lirik bagi bayi. Kesederhanaan musik dan pengulangan lirik cukup menarik perhatian mereka,” ucap penulis studi Isabelle Peretz.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami