Rusia Larang Pendirian Gereja Scientology di Moskow
Sumber: www.bglconline.com

Nasional / 24 November 2015

Kalangan Sendiri

Rusia Larang Pendirian Gereja Scientology di Moskow

daniel.tanamal Official Writer
4469

Otoritas Rusia telah memberlakukan keputusan untuk melarang Gereja Scientology membuka cabang di Moskow. Keputusan itu diambil setelah kementerian kehakiman setempat menilai bahwa Gereja Scientology telah mendaftarkan diri sebagai sebuah merek dagang di Amerika Serikat, dan atas alasan itu maka gereja yang didirikan oleh Ron Hubbard tersebut dianggap bukan sebuah organisasi keagamaan.

? ?Para wakil dari Gereja Scientology sendiri dalam prakteknya telah banyak menciptakan bias hukum yaitu dengan mempromosikan keyakinan agama sebagai merek dagang. Mereka menggunakan alat komersial untuk menyebarkan agama. Padahal agama hanya bisa disebarkan oleh organisasi agama itu sendiri,” ujar Departemen Kehakiman, seperti dirilis RIA Novosti, dan dilansir, Selasa (24/11).

Sementara itu pihak Gereja Scientology Moskow menyatakan bahwa keputusan tersebut merupakan kegagalan sistem peradilan dan mereka berjanji akan mengajukan banding ke pengadilan tinggi Rusia. “Saat keputusan ini ditetapkan, sesungguhnya semua orang sedang dirugikan, bukan hanya Gereja Scientology Moskow semata. Keputusan ini merupakan tanda bahwa sistem peradilan sedang sakit,” kata juru bicara dari cabang Moskow.

Perizinan Gereja Scientology di Moskow Rusia memakan proses yang cukup alot. Dalam pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah Rusia, dan dilaporkan juga oleh media-media lokal, ditemukan praktek bahwa Gereja Scientology memata-matai pengunjung dengan menempatkan mikrofon dan kamera secara tersembunyi di beberapa bagian gereja tersebut. Sementara itu Pengadilan Hak Asasi Manusia di Eropa telah beberapa kali menyatakan dukungannya terhadap pendirian gereja, dan atas kasus ini mereka menilai bahwa Rusia telah melakukan pelanggaran hak asasi dengan menolak perizinan pendirian gereja.

Gereja Scientology sendiri didirikan oleh Laffayette Ronald “Ron” Hubbard pada 1954 yang berpusat di Gold Base, Riverside County, California Amerika Serikat. Pengajarannya diambil dari tafsir Hubbard yaitu filosofi pertolongan diri sendiri atau dianektika, sebuah ajaran yang menawarkan suatu keyakinan menolong manusia mencapai kesadaran rohaninya dengan melintasi beberapa masa hidupnya. Secara umum, digambarkan sebagai gereja yang mengutamakan teknologi untuk menyelamatkan manusia dari berbagai masalah dan dapat mengembangkan potensi mereka.

Meski diterima oleh banyak pihak sebagai gereja bonafid, namun lebih banyak yang menyembut bahwa gereja ini sebagai aliran sesat. Beberapa anggota jemaat yang ikut dalam gereja ini adalah selebritas papan atas seperti Tom Cruise, Jason Lee dan John Travolta.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami