Bioskop Inggris Tolak Putarkan Iklan Doa Natal Ini
Sumber: Youtube.com

Internasional / 24 November 2015

Kalangan Sendiri

Bioskop Inggris Tolak Putarkan Iklan Doa Natal Ini

Lori Official Writer
4820

Sebuah iklan doa Kristen berdurasi 56 detik ditolak tayang di bioskop Inggris oleh Digital Cinema Media (DCM), sebuah lembaga film yang menangani iklan film Inggris untuk jaringan bioskop besar, Odeon, Cineworld dan Vue, dengan alasan yang tidak logis. Padahal, Dewan Klasifikasi Film Inggris dan Otoritas Iklan Cinema telah meloloskan izin pemutaran iklan tersebut.

DCM mengungkapkan adanya kebijakan untuk tidak memutarkan konten iklan berbau politik atau agama di bioskop-bioskop. Mereka menegaskan, tindakan ini diberlakukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran hak kalangan yang berbeda paham politik serta berbeda agama dan keyakinan.

Mendengar alasan tersebut, gereja Inggris mengaku kecewa dan bingung karena iklan hanya berisi konten pembacaan doa pendek. Gereja menyebut kebijakan itu ‘konyol’ dan akan menimbulkan dampak besar pada pelanggaran kebebasan berbicara.

Pendeta Justin Welby juga mengaku kaget dan menilai keputusan itu ‘luar biasa’. “Iklan ini sama menyinggungnya dengan misa gereja pada hari Natal. Seharusnya, biarkan orang-orang menilainya untuk diri mereka sendiri daripada harus disensor dan didikte,” terang Welby, seperti dilansir BBC Indonesia, Senin (23/11).

Sementara itu, Direktur Komunikasi Gereja Inggris Pendeta Arun Arora mengatakan bahwa penolakan ini akan sangat mengecewakan. Pasalnya, gereja Inggris telah merencanakan penayangan iklan serentak di seluruh Inggris menjelang Natal sebagai bentuk doa menyambut hari besar Kristiani tersebut.

Untuk diketahui, iklan pendek ini berisi pembacaan dan nyanyian doa ‘Bapa Kami’ yang dibawakan sekelompok pengungsi, anak-anak yang sedang berduka, para olahragawan di gym, penggembala, paduan suara Injil dan Uskup Agung Canterbury serta Pendeta Welby. Hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar kelanjutkan dari tindak lanjut dari pihak gereja maupun DCM sendiri.

Meski ditolak tayang di bioskop Inggris, semoga iklan doa ini bisa memberkati banyak orang lewat media-media online lainnya. Lihat Videonya di sini.

Sumber : BBC Indonesia/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami